TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Indikator Oli Mobil Menyala, Segera Lakukan Ini

Lampu indikator oli mobil punya pertanda tersendiri

wallpaperflare.com

Jakarta, IDN Times - Ketika kamu mengendarai mobil, pernahkah kamu melihat lampu indikator oli menyala? Ditandai dengan logo teko dengan air menetes. Jika kamu mengalami ini, kamu harus waspada.

Pasalnya, hal tersebut merupakan tanda bahwa ada masalah dengan sistem oli mobilmu. Namun, tidak perlu khawatir. Ketika lampu indikator oli mobil ini menyala, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

Baca Juga: Toyota Luncurkan Land Cruiser dan Fortuner Terbaru Kamis Pekan Ini

1. Tepikan mobil, matikan mesin, dan cek oli mobil

ilustrasi mesin mobil (Pixabay/Devolk)

Langkah pertama ketika kamu melihat indikator oli mobil menyala adalah menepikan mobil di tempat yang aman. Setelah itu, matikan mesin mobil untuk menghindari kerusakan mesin.

Jika mesin sudah dirasa dingin, turun dari mobil dan segera cek oli mobil yang ada di dalam mesin. Periksa kondisi oli dengan menggunakan dipstick. Coba lihat, apakah volume oli mengalami pengurangan atau tidak.

2. Cari sumber kebocoran oli

Ilustrasi servis kendaraan (snapp.cc)

Setelah memeriksa oli di dalam mesin mobil, cek juga kondisi kolong mobil. Perhatikan, apakah ada tetesan oli atau tidak di situ. Karena, lazimnya gangguan oli juga bisa disebabkan oleh adanya kebocoran.

Kebocoran oli ini biasanya diakibatkan oleh gasket yang sudah sobek, switch oli yang rusak, atau filter oli yang sudah tidak berfungsi. Jika memang ada kebocoran disebabkan hal ini, alangkah baiknya kamu menderek mobil ke bengkel terdekat.

Baca Juga: 3 Fungsi Penting Filter Oli Motor

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya