TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Cara Membersihkan AC Mobil Sendiri 

Cara membersihkan AC mobil sendiri dari rumah dengan mudah!

ilustrasi mengemudi (pexels.com/JESHOOTS.com)

Jakarta, IDN Times - Penggunaan air conditioner (AC) mobil penting untuk menyejukkan udara di dalam kendaraan saat perjalanan. Karena sering digunakan, AC mobil rentan mengalami kerusakan seperti evaporator yang kotor.

Hal ini dapat menyebabkan AC tidak dingin dan menimbulkan bau. Maka dari itu, AC mobil perlu dibersihkan dan dirawat secara teratur agar bisa bekerja secara maksimal. Lalu, bagaimana cara membersihkan AC mobil?

Ternyata membersihkan AC mobil bisa dilakukan sendiri di rumah, lho! Berikut beberapa cara membersihkan AC mobil sendiri dengan mudah di rumah.

Baca Juga: Begini Nasib Mobil-mobil Made in Indonesia  

1. Cari dulu posisi evaporator

Pixabay

Komponen evaporator pada AC berfungsi untuk menurunkan suhu udara dengan cara mengubah freon cair ke selang-selang kecil menjadi bentuk gas yang dapat membuat ruangan menjadi sejuk dan dingin. Untuk membersihkan AC mobil, anda perlu mengetahui letak evaporator agar dapat membersihkan evaporator AC mobil.

Saat ingin membersihkan evaporator, perhatikan beberapa hal seperti lingkungan sekitar saat membersihkan mobil, mematikan mesin mobil, menyiapkan peralatan pembersih, dan mengetahui letak saluran udara blower.

Baca Juga: Bikin Perjalanan Gak Nyaman, Ini 5 Penyebab AC Mobil Gak Dingin!

2. Gunakan cairan pembersih khusus

blog.kliknclean.com

Untuk membersihkan AC mobil, kamu perlu menggunakan cairan pembersih khusus yang banyak dijual di bengkel atau toko otomotif. Untuk memudahkan penggunaan, kamu bisa memilih cairan pembersih berbentuk spray dengan kandungan foam.

Penggunaan cairan pembersih ini sangat mudah. Kamu hanya perlu menyemprot cairan yang ke dalam blower AC. Setelah itu nyalakan AC mobil hingga suhu dan embusan angin yang maksimal. Ketika evaporator mobil mengeluarkan embun, arahkan selang cairan pembersih ke bagian blower dan biarkan menyebar.

Cairan ini nantinya akan membentuk foam atau busa dan akan keluar dari lubang ventilasi yang ada di kolong mobil. Selesaikan proses ini hingga busa-busa tersebut habis.

3. Membersihkan evaporator dari kotoran

ilustrasi AC mobil kotor(wuling.id)

Cara membersihkan AC mobil berikutnya adalah dengan menguras kotoran yang ada dalam evaporator mobil. Sebelum membersihkan evaporator, pastikan selang ventilasi tidak tersumbat agar pembuangan sisa kotoran tetap lancar.

Cara yang satu ini cukup mudah. Anda hanya perlu menggunakan lidi atau beda tumpul lainnya dan tusukkan ke dalam selang, sogok hingga bersih dan pastikan tidak ada sumbatan di dalam selang.

Ketika sudah dibersihkan, pastikan bahwa AC sudah berfungsi dengan normal dan suhu kembali menjadi dingin. Lalu, pasang kembali filter yang sudah dibersihkan dan laci dasbor ke tempatnya.

Baca Juga: 10 Tips biar AC Mobil Lebih Awet, Gak Perlu Keluar Uang!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya