TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Tips Modifikasi Mobil ceper Biar Tetap Nyaman 

Jangan asal memotong per original

Ilustrasi Mobil Ceper (Pinterest.com)

Jakarta, IDN Times - Banyak cara untuk membuat mobil menjadi lebih eye catching, salah satunya dengan memodifikasinya. Nah, salah satu aliran modifikasi yang belakangan kembali naik daun adalah aliran ceper. 

Biasanya modifikasi ceper dilakukan dengan memotong per bawaan mobil sehingga ground clearance-nya menjadi lebih rendah. Selain membuat mobil jadi lebih ceper, memotong per juga akan meningkatkan aerodinamika mobil. Sehingga mobil akan lebih stabil saat dipacu pada kecepatan tinggi.

Tapi menceperkan mobil ini juga menyimpan beragam risiko, apalgi jika dilakukan tanpa perhitungan yang akurat. Nah, berikut beberapa tips menceperkan mobil tanpa mengorbankan sisi kenyamanannya.

Baca Juga: Fitur-fitur Baru Avanza dan Xenia Terbaru

1. Lowering Kit

Ilustrasi Lowering Kit (Gridoto.com)

Lowering kit merupakan salah satu komponen yang khusus untuk membuat mobil menjadi rendah. Menggunakan cara ini terbilang sangat tepat dan ekonomis jika kamu berminat untuk memodifikasi mobil.

Lowering kit ini biasanya sudah didesain sesuai dengan jenis tipe dari mobil.sehingga pasti pemasangannya sudah presis. Jenis ketinggian dari suspensi ini juga berbeda-beda tergantung dengan mereknya. Biasanya dijual dengan harga Rp 5 juta - 10 Juta  tergantung merek dan tipe mobil.

2. Coilover

Ilustrasi Coilover Modifikasi (Pinterest.com)

Coilover merupakan asal kata dari Coil Spring yang berarti per menyatu dengan shockbreaker. Paket suspensi ini bisa kamu dapatkan apabila kamu mempunyai dana lebih untuk proses modifikasi mobil agar terlihat semakin ceper dan modis.

Berbeda dengan Lowering kit yang ketinggian dan suspensinya sudah paten. Maka coilover memiliki pengaturan sendiri untuk turun naiknya mobil. Selain itu terdapat mode mengatur empuk atau kerasnya shock. Kamu bisa membeli Coilover ini di beberapa marketplace harganya berkisar Rp 10 Juta- 20 Juta tergantung dengan mereknya.

3. Air Suspension

Ilustrasi Air Suspension (Pinterest.com)

Cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan air suspension. Cara ini terbilang cukup ampuh apabila mobil kamu ingin di modifikasi ceper secara ekstrim. Karena pada metode suspensi udara, sistem air per digantikan dengan kantong udara yang pengaturannya menggunakan kompresor berukuran kecil yang biasanya diletakan dalam bagasi.

Selain lebih nyaman, Sistem suspensi ini juga bisa diatur ketinggiannya melalui tombol yang dipasang dekat setir . bahkan pada beberapa merek suspensi udara juga bisa diatur dengan ponsel yang sudah di setting nantinya. Harga barang ini berkisar Rp 20 Juta - 30 Juta dan bahkan lebih.

Baca Juga: Pilihan Modifikasi Motor, Sesuaikan dengan Karaktermu

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya