TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ciri-ciri Pom Bensin Curang dan Tips Mengenalinya

Kamu wajib banget tahu!

ilustrasi SPBU (IDN Times/Martin L Tobing).

Jakarta, IDN Times – Beberapa waktu ramai pemberitaan terkait kecurangan yang dilakukan oleh sebuah SPBU di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Rest Area KM 42, Karawang. Diduga terjadi tindak manipulasi meteran pada tiga dispenser pada SPBU tersebut.

Berangkat dari kejadian tersebut, banyak pembeli diharapkan lebih waspada saat mengisi bahan bakar kendaraan. Salah satunya dengan mengenali ciri-ciri pom bensin curang yang umum terjadi. Simak uraian dan tips mengenali pom bensin curang dalam artikel berikut ini!

Ciri-ciri pom bensin curang

ilustrasi SPBU (facebook.com/SPBU 34-41121 DARUSSALAM V)

Temuan tindak kecurangan yang dilakukan oleh SPBU di Jalan Tol Rest Area KM 42, Karawang pada (25/3/2024) lalu, membuat masyarakat resah. Akibat kejadian tersebut, Zulkifli Hasan selaku Menteri Perdagangan pun melakukan tindakan tegas, yakni dengan menyegel SPBU terkait.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, diduga bahwa SPBU tersebut telah melakukan tindak kecurangan dengan cara memanipulasi meteran pada tiga dispenser SPBU. Dugaan tersebut menguat dengan ditemukannya penggunaan alat tambahan pada ketiga dispenser pada SPBU tersebut.

Alat tambahan yang dimaksud adalah switch atau jumper yang dapat memengaruhi hasil takaran BBM, termasuk memanipulasi jumlah bensin seolah sudah sesuai dengan permintaan pembeli. Padahal jumlah bensin yang didapat pembeli kurang dari harga yang telah dibayarkan.

Baca Juga: Jangan Salah, Ini Arti RON pada BBM yang Dijual di SPBU

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya