TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Teknologi Militer Ini Diwariskan ke Kendaraan Pribadi

Salah satunya GPS!

jeep.com

Jakarta, IDN Times – Sekarang ini berkendara bisa sangat menyenangkan. Kamu misalnya gak perlu cemas tersesat karena sudah ada GPS. Saat parkir juga gak perlu lagi was-was bumper belakang bakal menyenggol warung tetangga, sebab sudah ada sensor parkir dan bahkan kamera mundur!

Tapi tahu gak sih kalau banyak fitur canggih tersebut awalnya bukan diciptakan untuk keperluan otomotif, melainkan untuk kepentingan militer. Nah, ini daftar teknologi yang dulunya diciptakan untuk militer.

Baca Juga: Gak Hanya Sebagai Penunjuk Jalan, Ini 7 Fakta Menarik Mengenai GPS

1. Global Positioning System (GPS)

Google Maps

Tak banyak yang tahu kalau GPS dulunya diciptakan bukan untuk kebutuhan mengemudi. GPS yang dulu bernama NAVSTAR GPS adalah teknologi milik Amerika Serikat.

Teknologi ini dibuat pada 1973 oleh Departemen Perlindungan AS. Baru pada tahun 80-an teknologi ini dibuka untuk sipil. Namun baru pada tahun 1995 seluruh fitur GPS bisa beroperasi secara penuh, seperti yang sudah kita gunakan saat ini.

Dulu, teknologi ini digunakan untuk memandu kapal perang atau bisa juga mengarahkan rudal yang ditembakkan ke target, dikenal sebagai TRANSIT saat masih dikembangkan pada 1960.

2. Anti-Lock Braking System (ABS)

biovolttechblog.com

Sistem yang sekarang membantu kendaraan agar mampu mengerem secara lebih cepat tanpa membuat kendaraan tergelincir ini diadopsi dari teknologi pesawat terbang, lho.

ABS pertama kali dikembangkan pada tahun 1920 oleh Gabriel Voisin selaku pabrikan otomotif dan pesawat terbang asal Prancis.

Pada saat itu, sistem ABS juga digunakan untuk membantu pesawat untuk melakukan pengereman agar mampu lebih cepat berhenti di landasan. Intinya cara kerjanya sama ya, guys.

Baca Juga: Ini Deretan Kendaraan Bikinan Pindad, Siap Tempur!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya