Comscore Tracker

Suka Balapan? Ini 5 Kompetisi yang Wajib Kamu Cek!

Ada cerita seru di dalam dan luar sirkuit

Jiwa-jiwa pembalap sudah ada dalam dirimu? Bagus! Bisa jadi prospek yang cerah buat kamu yang ingin serius lho. Selama disalurkan ke arah yang pas ya. Bukan balapan di jalanan. Bahkan menjadi pembalap kamu bisa mengharumkan nama Indonesia juga di ajang-ajang kompetisi internasional.

Nah, buat kamu yang suka balapan, mungkin kamu bisa cek kompetisi yang ada di bawah ini! 

1. Formula 1

Suka Balapan? Ini 5 Kompetisi yang Wajib Kamu Cek!Fromula 1 (Dok. Planet F1)

Balapan yang ini pasti sudah gak asing lagi ya? Kompetisi yang populer dan selalu disiarkan di televisi. Ciri yang paling mencolok adalah mobilnya yang hanya bisa ditumpangi oleh satu orang saja dan desain yang aerodinamis untuk memungkinkan mobil melaju sangat cepat. 

Teknologi yang digunakan dalam mobil ini kompleksnya minta ampun. Makanya banyak banget teknisi di balik melajunya mobil F1 di lintasan. Selain itu sang pembalap pun juga dibekali dengan berbagai pengetahuan mekanik, mental, dan endurance. Seru banget, ya?

Baca Juga: Mobil Formula 1 Vs Formula E, Mana yang Lebih Kencang?

2. Nascar Race

Suka Balapan? Ini 5 Kompetisi yang Wajib Kamu Cek!

Sebetulnya Nascar itu adalah sebuah singkatan dari The National Association for Stock Car Racing yang sering menggelar kejuaraan balap mobil. Mobil yang dipakai melaju di lintasan adalah mobil stock artinya mobil standar keluaran dari pabrik yang tentunya disesuaikan dengan lintasan balap.

Kamu tahu film “Cars”? Nah, balapannya mirip seperti itu dan ciri khasnya adalah lintasan yang berbentuk oval dan yang paling ‘wow’ adalah para pembalap harus melewati 500 lap lintasan tersebut. Wih, banyak banget ya?

3. Indonesia Sentul Series of Motosport

Suka Balapan? Ini 5 Kompetisi yang Wajib Kamu Cek!Tim Honda Racing di ISSOM 2022 (Dok. HPM)

Salah satu ajang yang wajib kamu tahu juga nih. Oktober lalu, seri final ISSOM baru saja digelar di Sirkuit Sentul, Bogor. Banyak kategori atau kelas yang bisa diikuti oleh pembalap dalam kompetisi ini.

Contohnya saja yang paling menarik di Indonesia Sentul Series of Motosport (ISSOM 2022) adalah tim Honda Racing Indonesia (HRI) berhasil meraih juara di tiga kelas berbeda pada kejurnas ISSOM 2022 yaitu di kelas Indonesia Super Touring Car Race (ISTCR) 3600 Max, Indonesia Touring Car Race (ITCR) 1500 dan Indonesia Touring Car Race (ITCR) 1200.

Perkenalkan Alvin Bahar, yang pada musim ini pertama kali merasakan sengitnya kompetisi kelas ISCTR 3600 Max Kejurnas ISSOM 2022 tapi kabar baiknya berhasil menjadi menjadi juara. Sejak memulai debutnya pada kelas ini, Alvin Bahar mampu menampilkan performa konsisten dengan menggunakan mobil balap Honda Civic Type R dimana ia berhasil mengumpulkan total 60 poin. 

Suka Balapan? Ini 5 Kompetisi yang Wajib Kamu Cek!Tim Honda Racing saat melenggang di ISSOM 2022 (Dok. HPM)

Sementara itu, Avila Bahar juga berhasil menjadi juara nasional untuk pertama kali di kelas ITCR 1500 dengan menggunakan Honda City Hatchback RS. Sebelumnya Avila Bahar menggunakan Honda Jazz pada tahun 2021 lalu. Meski masih beradaptasi dengan mobil barunya ini, hal tersebut mampu dibuktikan oleh dirinya dimana ia berhasil keluar sebagai juara nasional pada kelas ITCR 1500 dengan sukses mengumpulkan total 69 poin.

Di kelas ITCR 1200, Naufal Rafif Busro yang membalap menggunakan mobil Honda Brio berhasil mencatatkan gelar juara nasional. Naufal Rafif berhasil tampil konsisten dimana mampu mempertahankan posisinya di klasemen sejak awal musim hingga akhir musim. Naufal Rafif Busro menutup musim ini dengan enam kemenangan dan berhasil mengumpulkan total 85 poin. Gokil! Ini sih cetak rekor banget ya? Semuanya gelar juara.

4. Endurance Championship

Suka Balapan? Ini 5 Kompetisi yang Wajib Kamu Cek!Endurance championship (Shutterstock/Frolphy)

Kompetisi balap endurance–sesuai namanya yaitu menguji ketahanan mobil dan pembalapnya selama 24 jam non-stop. Kompetisi yang terkenal adalah “24 Hours of Le Mans” dan “Endurance Championship”. Tak hanya mesin mobilnya, teknologi dan strategi hingga ketahanan fisik serta mental dari pembalap sangat diuji dalam balapan ini.

Itulah mengapa kompetisi ini juga digemari oleh banyak orang. Meski terlihat kurang ‘drama’ atau ‘menghibur’ seperti kompetisi balap lainnya, tetapi justru ada banyak hal yang bisa dilihat tidak hanya dalam lintasan tetapi juga di luar lintasan. Kamu ingin mencobanya?

5. Drag Race

Suka Balapan? Ini 5 Kompetisi yang Wajib Kamu Cek!Drag race (Shutterstock/Bruce Alan Bennet)

Pernah lihat scene Toretto balapan dengan Brian satu lawan satu di lintasan yang lurus? Yup, itulah yang disebut drag race. Sebuah kompetisi balapan tertua yang mengadu dua mobil di lintasan sepanjang seperempat mil. Pembalap dengan hitungan waktu paling cepat sampai garis finis adalah pemenangnya.

Gak sesimpel yang dibayangkan, drag race butuh konsentrasi tinggi dan kepiawaian memindahkan gigi yang sesuai timing. Pembalap harus paham betul momentum dan tenaga mesin dari mobil yang digunakan. Kira-kira kalau kamu jadi pembalap, ingin menjadi pembalap pada kompetisi apa guys? (WEB)

Baca Juga: Pasca WSBK, Sirkuit Mandalika Makin Ramai Gelar Balapan Dunia

Topic:

  • Bima Anditya Prakasa

Berita Terkini Lainnya