Comscore Tracker

5 Mobil Sedan Terlaris di Tengah Serbuan SUV dan Crossover

Adakah mobil favoritmu di daftar ini?

Lima tahun yang lalu, mobil model sedan sudah diprediksi bakal mengalami penurunan penjualan pada tahun 2018. Soalnya, tren model mobil telah bergeser ke model Sport Utility Vehicle (SUV) dan model crossover.

Belakangan, pabrikan mobil Ford dan General Motor dilaporkan telah memutuskan untuk menghentikan produksi sebagian mobil sedan mereka, khusus untuk pasar di Amerika Utara. Sementara bagi produsen Asia, yang tampak bergantung pada penjualan mobil sedan mereka, kini harus mulai berpikir ulang mengikuti jejak pabrikan lainnya.

Walau demikian, sebuah lembaga analis otomotif internasional Jato Dynamics, mempublikasi daftar 50 mobil terlaris di dunia. Di antara daftar itu, terselip beberapa merek mobil sedan. Mobil sedan apa saja yang masih bertahan di tengah arus kuat mobil SUV dan mobil crossover? Yuk, simak daftarnya berikut ini.

1. Ford Focus - 270.183 unit

5 Mobil Sedan Terlaris di Tengah Serbuan SUV dan Crossovermotortrend.com

Ford Focus masih merupakan mobil yang banyak diminati. Tetapi, angka penjualannya dilaporkan terus menurun sebanyak 19% atau menjadi 270.183 unit sepanjang tahun 2018. Ini adalah sebuah fakta bahwa tren sedan mulai bergeser ke mobil-mobil SUV maupun crossover.

Oleh sebab itu, Ford menghentikan untuk memproduksi Focus untuk pasar Amerika, khususnya Amerika Utara. Ford sendiri mengambil langkah untuk menggenjot penjualan mobil crossover mereka yaitu Ford Escape.

Bagi pecinta Ford Focus di Indonesia, kamu tak perlu khawatir. Ford Focus masih diproduksi di Asia, kok.

2. Toyota Camry - 313.394 unit

5 Mobil Sedan Terlaris di Tengah Serbuan SUV dan Crossoverwikipedia.org

Seperti yang sudah jamak diketahui, Toyota Camry merupakan mobil sedan yang mewah. Harganya saja berkisar antara Rp500 juta - Rp700 jutaan. Walau begitu, Camry masih banyak peminatnya.

Sepanjang tahun 2018, penjualan mobil ini turun 13 persen dari tahun sebelumnya. Pada tahun ini, diketahui sebanyak 313.394 unit terjual di seluruh penjuru dunia. Sebelumnya pada tahun 2017, sebanyak 387.081 unit Camry terjual.

Dengan tren penjualan yang cenderung turun, tampaknya Toyota perlu mengkhawatirkan serbuan mobil-mobil SUV dan crossover.

Baca Juga: Esemka Meluncur Oktober Ini, Mobil Perdana Berjenis SUV

3. Volkswagen Passat - 356.566 unit

5 Mobil Sedan Terlaris di Tengah Serbuan SUV dan Crossoverautoevolution.com

Volkswagen Passat merupakan salah satu mobil sedan yang masih kuat bertarung di tengah membanjirnya mobil-mobil SUV dan crossover. Pada tahun ini, VW Passat mencetak penaikkan angka penjualan sebesar 5 persen dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2017 lalu, sebanyak 322.017 unit Passat terjual. Pada tahun 2018 ini, sebanyak 356.566 unit Passat yang laku.

Walau angka penjualan year to year meningkat, tapi tren itu cenderung menurun di akhir tahun. Pada bulan November lalu, penjualan Passat turun 31 persen dari bulan yang sama pada tahun sebelumnya.

4. Honda Civic - 412.664 unit

5 Mobil Sedan Terlaris di Tengah Serbuan SUV dan Crossoverbobboytehonda.com

Honda Civic jelas masih menjadi salah satu mobil sedan terlaris di dunia. Diluncurkan pertama kali pada tahun 1972, Civic mendapatkan reputasinya karena unggul di segala aspek.

Tahun 2018 ini, angka penjualan Civic diketahui sebanyak 412.664 unit atau meningkat sebanyak 6 persen dari tahun 2017 yang sebanyak 387.904 unit. Oleh sebab itu, Honda pasti akan mempertahankan Civic di tengah meningkatnya permintaan terhadap mobil-mobil SUV dan crossover.

Walau begitu, Honda tetap mengantisipasi peralihan tren itu dengan menciptakan mobil tipe hatchback atau tanpa buntut (bagasi belakang). Hal itu dilakukan untuk menyerupai mobil-mobil crossover. Paling anyar, Honda meluncurkan sedan Civic Hatchback 2019.

5. Toyota Corolla - 478.122 unit

5 Mobil Sedan Terlaris di Tengah Serbuan SUV dan Crossoverwikipedia.org

Toyota Corolla memang identik dengan keselamatan, keandalan, dan aspek-aspek unggul lainnya sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 1966. Pada tahun 1997, Corolla bahkan didapuk sebagai mobil terlaris di dunia sepanjang masa melampaui VW Beetle. Di tengah serbuan mobil SUV dan crossover yang melimpah, apakah Corolla masih mampu bertahan? Iya dong!

Dalam rilis Jato Dynamics, Toyota Corolla bahkan berada di posisi ke-2 mobil terlaris di dunia 2018 dengan angka penjualan 478.122 unit, meningkat 3 persen dari tahun 2017. Di atas Corolla, ada Ford F-Series (SUV) dengan angka penjualan 534.827.

Sama seperti Honda, Toyota juga mengantisipasi pergeseran tren. Oleh sebab itu, mereka membuat Corolla versi hatchback alias tanpa bagasi belakang dengan nama Corolla Hatch.

Itulah lima mobil sedan terlaris yang masih mampu bertahan di tengah serbuan mobil-mobil SUV dan crossover.

Baca Juga: KIA Hadirkan MPV Diesel, Intip Harga dan Spesifikasinya

Rangga Putra Photo Verified Writer Rangga Putra

Lahir di Kota Pahlawan Surabaya dan besar di Kota Santri Gresik. Suka Bismillah dan Alhamdulillah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya