Comscore Tracker

Sri Mulyani Sebut Diskon Pajak Mobil 2.500 cc Berlaku April

Masih dalam tahap finalisasi oleh Menteri Keuangan

Jakarta, IDN Times - Pemerintah siap kembali memberikan diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil pada April mendatang. Diskon PPnBM ini akan diberikan untuk mobil dengan kapasitas mesin di atas 1.500 cc sampai dengan 2.500 cc seperti Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, Toyota Innova, dan lain-lain.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyatakan, diskon PPnBM ini akan diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang saat ini masih dalam tahap persiapan.

"Kita sedang dalam proses untuk memfinalisasi Peraturan Menteri Keuangannya yang nanti bisa berlaku mulai bulan April terutama untuk yang di atas 1.500 cc hingga 2.500 cc," ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN Kita secara virtual, Selasa (23/3/2021).

Baca Juga: Diskon Pajak Berlaku, 81 Ribu Unit Mobil Ditarget Laris

1. Relaksasi PPnBM pertama

Sri Mulyani Sebut Diskon Pajak Mobil 2.500 cc Berlaku AprilHumas Setkab/Rahmat

Sebelumnya, Sri Mulyani telah meluncurkan relaksasi pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) untuk industri otomotif, khususnya pembelian mobil baru, mulai bulan ini hingga akhir tahun. Dengan kebijakan ini pemerintah akan menanggung 100 persen PPnBM jika kamu membeli mobil sampai periode Mei 2021.

"Kalau beli mobil sebaiknya dari sekarang sampai Mei karena PPnBM 100 persen ditanggung pemerintah. Kalau berencana beli Juli-Agustus dapat diskon 50 persen ditanggung pemerintah. Kalau September-Desember ditanggung (pemerintah) 25 persen," kata Sri Mulyani.

Baca Juga: Relaksasi PPnBM Menyasar Mobil Bermesin 2500cc, SUV Bisa Turun Harga!

2. Mobil-mobil yang dapat relaksasi pajak penjualan

Sri Mulyani Sebut Diskon Pajak Mobil 2.500 cc Berlaku AprilIlustrasi pabrik. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Dalam kebijakan yang diluncurkan pada awal Maret itu, tidak semua mobil mendapatkan relaksasi PPnBM.

Ada dua kategori mobil yang mendapatkan relaksasi pajak. Pertama, kendaraan bermotor sedan dengan kapasitas isi silinder di bawah atau sampai dengan 1.500 cc.

Kedua, kendaraan bermotor untuk pengangkutan kurang dari 10 orang dengan kapasitas isi silindir kurang dari 1.500 cc.

"Dibatasi kelompok ini karena dia punya keterkaitan industri yang besar," kata eks Direktur Pelaksana Bank Dunia ini.

3. Untuk memulihkan perekonomian

Sri Mulyani Sebut Diskon Pajak Mobil 2.500 cc Berlaku AprilMenteri Keuangan, Sri Mulyani. IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya

Diskon PPnBM untuk mobil dengan kapasitas mesin hingga 1.500 cc yang sudah berlaku sejak awal Maret dan untuk mobil dengan kapasitas mesin di atas 1.500 cc hingga 2.500 cc pada April nanti diberikan guna memulihkan perekonomian akibat pandemik COVID-19.

Hal ini juga sebagai insentif guna membangkitkan sektor otomotif yang terpaksa tiarap akibat pandemik COVID-19.

"Di sinilah nanti kita masukkan komposisi PPnBM dan insentif masuk dalam komponen insentif usaha dan pajak yang akan diberikan. Kita fokus 2 yaitu supaya dunia usaha bisa survive dan pulih dan masyarakat pulih dari kegiatan konsumsi," kata perempuan yang akrab disapa Ani tersebut.

Baca Juga: Mobil-mobil Diesel Semakin Menggiurkan, Pilih MPV atau SUV? 

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya