Comscore Tracker

Rest Area Tol Cipali, Info Penting untuk Liburan 

Ternyata ada 2 tipe rest area, lho!

Jakarta, IDN Times - Rest area menjadi tempat peristirahatan yang tersedia di dalam tol. Tak terkecuali, tol Cipali (Cikopo-Palimanan) di Jawa Barat. Tol sepanjang 116 km ini menghubungkan beberapa daerah seperti Purwakarta, Subang, Majalengka, Indramayu, dan Cirebon.

Tol ini menjadi bagian dari tol Trans Jawa, maka tak mengeherankan bila tol ini selalu ramai oleh kendaraan. Jika ingin beristirahat, Tol Cipali memiliki beberapa rest area yang bisa kamu kunjungi.

Berikut beberapa informasi penting mengenai rest area tol Cipali.

1. Tipe rest area tol Cipali

Rest Area Tol Cipali, Info Penting untuk Liburan Ilustrasi rest area. Dokumen Istimewa

Rest area adalah tempat singgah sementara untuk beristirahat sejenak saat dalam tengah perjalanan di dalam tol. Pada dasarnya, rest area mencakup tempat parkir, toilet, tempat ibadah, tempat makan, dan beberapa fasilitas lainnya.

Tol Cipali memiliki 2 tipe rest area, yaitu tipe A dan tipe B.  Perbedaan utamanya terdapat pada ukuran rest area. Selain itu, fasilitas yang dimiliki oleh rest area juga berbeda-beda.

Baca Juga: Benarkah Nyetir di Jalan Lurus Bikin Ngantuk? 

2. Rest area tipe A

Rest Area Tol Cipali, Info Penting untuk Liburan Rest Area KM 101 (twitter.com/restarea102)

Rest area tipe A di tol Cipali merupakan rest area dengan lahan yang besar dan memiliki fasilitas umum lengkap. Pada rest area tipe A terdapat SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) yang menjadi ciri utama perbedaannya.

Selain SPBU, rest area tipe A juga memiliki fasilitas umum yang bisa digunakan pengguna jalan tol seperti area parkir, musala, pujasera atau tempat makan, ATM (Anjungan Tunai Mandiri), toilet umum, minimarket, layanan kesehatan, hingga bengkel siaga. Rest area tipe A mampu menampung hingga 700 kendaraan di tempat parkirnya.

Terdapat empat lokasi rest area tipe A di tol Cipali ini, yaitu:

  • KM 101 arah Jakarta
  • KM 102 arah Cirebon
  • KM 164 arah Jakarta
  • KM 166 arah Cirebon

Baca Juga: 8 Tips Berkendara Aman di Jalan Tol

3. Rest area tipe B

Rest Area Tol Cipali, Info Penting untuk Liburan ilustrasi rest area Tol Cipali (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Tol Cipali juga memiliki rest area tipe B. Rest area tipe B memiliki ukuran yang lebih kecil daripada rest area tipe A dan tidak memiliki SPBU. 

Meskipun lebih kecil, rest area tol Cipali tipe B juga sudah memiliki fasilitas umum yang lengkap, seperti area parkir untuk 70 kendaraan, tempat ibadah, minimarket, toilet umum, pujasera atau tempat makan, hingga ATM.

Tol Cipali memiliki empat rest area tipe B yang tersebar di empat titik, yaitu:

  • KM 86 A arah Cirebon
  • KM 86 B arah Jakarta
  • KM 130 A arah Cirebon
  • KM 130 B arah Jakarta.

4. Parking Bay

Rest Area Tol Cipali, Info Penting untuk Liburan Parking bay rest area (Google Images)

Tol Cipali juga memiliki area parking bay, atau area parkir khusus istirahat selain rest area. Namun, area ini hanya memiliki tempat untuk parkir dan toilet saja, jadi fasilitasnya tidak selengkap rest area.

Ada dua titik parking bay di tol Cipali. Di titik KM 153 arah Cirebon, dan KM 155 arah Jakarta.

5. Rest area KM 166, memiliki fasilitas yang lengkap

Rest Area Tol Cipali, Info Penting untuk Liburan ilustrasi rest area Tol Cipali (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Rest area KM 166 arah Jakarta merupakan rest area dengan fasilitas yang sangat lengkap. Rest area ini memiliki area parkir yang luas, masjid yang nyaman, ruang laktasi (nursing room), playground untuk anak-anak, hingga sentra kuliner dengan konsep bernama The Plaza.

Selain itu, rest area KM 166 juga merupakan tempat yang instagramable sehingga cocok untuk berfoto-foto. Beberapa pernak-pernik seperti topi, handuk, dan t-shirt dengan desain khas KM 166 dijual di tempat ini.


Perjalanan jarak jauh memang akan terasa melelahkan. Maka dari itu, ketika merasa kelelahan saat mengemudi, ada baiknya untuk beristirahat sejenak di rest area yang sudah disediakan. Hal ini tentunya bisa menunjang kenyamanan dan keselamatan saat berkendara.

Penulis: Nafila Chaerunnisa

Baca Juga: 8 Rest Area Kece untuk Singgah Pemudik, Bikin Pikiran Segar Kembali

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Dwi Agustiar
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya