TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Sederhana Agar Motor Hemat Bahan Bakar

Bisa dicoba nih, bro dan sist sekalian!

liveabout.com

Belajar bagaimana agar motor hemat bahan bakar akan mengurangi beban pengeluaran yang harus ditanggung pemilik kendaraan, dan tentu saja mengurangi dampak buruk pada lingkungan.

Cara berkendara yang baik dan perawatan motor yang layak adalah cara sederhana mengurangi konsumsi bahan bakar. Berikut beberapa tips mengurangi konsumsi bahan bakar pada motor.

1. Filter udara yang bersih

scooter-planet.nl

Menjaga filter udara motor tetap bersih adalah salah satu cara mengurangi konsumsi bahan bakar. Filter udara cepat kotor saat motor sering digunakan, biasanya berdebu atau berpasir.

Rutin membersihkan filter udara motor atau menggantinya jika dibutuhkan adalah langkah perawatan suku cadang yang membuat mesin motor tidak terasa berat, sehingga konsumsi bahan bakar tidak terlalu banyak.

Baca Juga: Praktis dan Gak Ribet, 5 Motor Matik Paling Populer Selama 2019

2. Busi yang bersih

startrescue.co.uk

Salah satu cara yang akan membantumu mengurangi konsumsi bahan bakar motor adalah dengan selalu menggunakan busi bersih yang direkomendasikan oleh pabrikan motor. Kondisi busi yang kotor kadang jadi masalah motor tidak bisa melaju dengan lancar, dan tentu membuat boros bahan bakar.

3. Cara berkendara yang halus

gearpatrol.com

Dengan cara berkendara motor yang halus dan aman, juga akan mengurangi konsumsi bahan bakar yang berlebihan. Coba untuk selalu melaju dengan kecepatan konstan, dan hindari menarik tuas gas berlebihan atau pengereman berat, kecuali kondisi darurat.

4. Tekanan ban yang cukup

motorcycle.com

Kamu juga harus memeriksa tekanan ban pada motor dalam kondisi cukup. Bukan hanya untuk alasan keselamatan, karena jika tekanan udara ban kurang, selain akan meningkatkan gesekan ban dengan permukaan jalan, tapi juga menghabiskan banyak bahan bakar motor.

Baca Juga: 5 Alasan Motor Mengeluarkan Suara Bising Berlebihan

Verified Writer

Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya