TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Katanya Sayang Sama Motor, Kok Belinya Pertalite? 

Pertamax bikin tarikan jadi jos dan mesin lebih sehat

Ilustrasi pengisian BBM di SPBU Pertamina. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Jakarta, IDN Times - Banyak biker lebih memilih menggunakan bensin jenis Premium atau Pertalite ketimbang Pertamax. Alasannya simpel: lebih murah. Padahal bensin murah, terutama Premium, itu kurang bagus buat mesin untuk jangka panjang, loh. 

Karena itu, kalau kamu ingin mesin motor atau mobilmu awet, ada baiknya beralih ke pertamax. Memang harganya lebih mahal, tapi kualitas bensinnya lebih terjamin. Nah, berikut beberapa alasan kenapa harus hijrah ke pertamax.

Baca Juga: Motor-motor Touring Bermesin Kecil, Lebih Murah dan Irit

1. Pertamax membuat performa mesin terjaga

Ilustrasi tangki bensin sepeda motor. IDN Times/Paulus Risang

Kalau motor atau mobilmu sudah dibekali teknologi canggih, seperti injeksi, sebaiknya gunakan selalu pertamax. Memang harganya lebih mahal dari pertalite, tapi pembakaran mesin bakal lebih sempurna. Efeknya tenaga mesin bakal terasa lebih jos. 

Selain itu pertamax juga mengandung detergen yang berfungsi membersihkan ruang mesin. Oya, nilai oktan yang lebih tinggi dari pertalite juga menjadikan pertamax lebih bersahabat bagi injector.

Asyiknya lagi, dengan menggunakan Pertamax, efek buruk kondensasi bisa diminimalisasi. 

2. Pertamax membuat ruang mesin lebih bersih

Ilustrasi pengisian BBM. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Pertamax juga memiliki kandungan aditif demusifier. Zat ini berfungsi menyempurnakan proses kimia dalam pembakaran, membersihkan mesin dari semua timbunan kotoran, mencegah korosi pada saluran dan tangki bensin, serta meningkatkan kinerja mesin. 

Bisa dibilang, menggunakan pertamax akan memperkecil munculnya kerak pada mesin. Dengan begitu, performa mesin akan selalu terjaga.

Baca Juga: Motor-motor Imut Keluaran Honda Ini Bikin Gemes  

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya