TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Cepat Upgrade Skutik, Biar Tarikan Lebih Responsif

Biayanya gak mahal kok

Ilustrasi V-belt Motor Skutik (Dok. IDN Times)

Jakarta, IDN Times - Skuter matik atau skutik memang gak dirancang untuk kebut-kebutan, tapi untuk kenyamanan berkendara. Karena itu performa mesinnya pun gak begitu gahar.

Tapi bukan berarti skutik gak bisa kencang. Ada trik sederhana yang bisa kamu lakukan biar skutikmu lebih ngacir tanpa terlalu mengorbankan kenyamanan. Begini caranya..

Baca Juga: Mau Ganti Shockbreaker Motor? Perhatikan 4 Bagian Ini

1. Ganti roller yang lebih ringan

Ilustrasi CVT sepeda motor matik (Dok. IDN Times)

Roller berfungsi mengatur pergerakan sliding primary sheave. Kamu bisa memaksimalkan peran roller dengan mengganti dengan roller yang berbobot lebih ringan.

Misalkan roller dari pabrikan berbobot 15 gram, kamu bisa menggantinya dengan roller yang beratnya 12 gram. Cara ini akan membuat akselerasi skutikmu menjadi lebih responsif.

2. Mengganti per CVT

http://joevitosc.blogspot.co.id/2016/08/apakah-sobat-mempunyai-motor-matic.html

Selain mengganti roller yang lebih ringan, kamu juga bisa mengganti per CVT standar dengan per yang lebih keras dan panjang. Tujuannya agar akselerasi menjadi lebih spontan.

Banyak per CVT aftermarket yang bisa kamu pilih, pastikan dudukannya sesuai dengan per CVT bawaan pabrik motormu sehingga tidak perlu mengubah terlalu banyak.

Baca Juga: Plus Minus Ban Tubeless, Antigembos Tapi Berumur Pendek  

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya