TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Berkendara Saat Terjebak dalam Demo Besar, Jangan Panik!

Pernah alami?

dailytrojan.com

Ketika berkendara, kamu pasti pernah mengalami situasi di mana kamu terjebak dalam sebuah kerumunan demo besar. Mungkin tak akan menjadi masalah jika demo dilakukan dengan tertib dan damai, namun hal berbeda bisa saja terjadi jika demo berakhir dengan kericuhan dan kerusuhan.

Berikut ini beberapa tips sederhana aman berkendara ketika kamu terjebak dalam sebuah demo besar.

1. Selalu simak berita-berita aktual, terutama kondisi lalu lintas

motionarray.com

Selain untuk menambah wawasan, update informasi kondisi lalu lintas terkini mutlak harus kamu lakukan jika ingin berkendara dengan aman tanpa hambatan. Jika tahu di lokasi tertentu sedang terjadi demo, kamu bisa mengambil jalan alternatif lain untuk dilalui.

Meski biasanya jalan alternatif tidak selancar jalan utama, hal tersebut tidak menjadi masalah jika kamu memang ingin cepat sampai di tempat tujuan.

2. Jangan sekali-kali menyembunyikan klakson dengan nada tinggi

kmuw.org

Ingat ya, jangan sekali-kali membunyikan klakson dengan tekanan kuat ketika sedang melihat demo besar ya? Jangan karena emosi ketika perjalanan terhambat, kamu meluapkan kekesalan dengan menekan klakson secara membabi buta. Iya kalau para pendemo sabar, lah kalau mereka tersinggung dan emosi lalu berbalik menyerangmu bagaimana?

Baca Juga: Tip Aman Berkendara Melewati Kabut Asap Tebal

3. Untuk menunjukkan empati, kamu bisa turun dari kendaraan

inews.co.uk

Sebagai bentuk dukungan dan sikap empati, kamu bisa juga turun dari kendaraan meski hanya sebentar. Tunjukkan sikap ramah dengan mengajak berbincang salah satu dari mereka di belakang dan sikapi dengan bijak permasalahan mereka. Di akhir percakapan, kamu bisa memberikan kalimat-kalimat positif agar semua bisa berjalan aman dengan hasil akhir yang baik.

4. Amankan barang-barang bawaan sebagai antisipasi jika terjadi kerusuhan

newsroom.aaa.com

Untuk sekadar jaga-jaga dan bentuk antisipasi, kamu bisa mengamankan barang-barang penting dan berharga untuk simpan di tempat aman. Karena kamu tidak bisa memprediksi sebuah demo akan berakhir damai atau ricuh, maka antisipasi segala hal mutlak harus kamu lakukan. Kamu tentu tidak ingin barang-barang berhargamu hilang karena tangan jahil orang-orang tak bertanggung jawab kan?

Baca Juga: 5 Tips Dasar Keselamatan Berkendara Motor, Kamu Wajib Tahu!

Verified Writer

Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya