TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Biaya Ganti Aki Motor Berapa? Berikut Kisarannya

Harganya tergantung jenis dan merek aki yang dipakai

ilustrasi aki motor (instagram.com/danne_motor)

Jakarta, IDN Times – Aki motor memiliki peran yang krusial dalam sistem kelistrikan motor. Sebab, aki berperan sebagai penyimpan dan pemasok daya listrik bagi motor. Jika daya dan tegangannya melemah, maka fungsi komponen motor yang butuh supply listrik jadi terganggu.

Kalau sudah beberapa komponen tidak berfungsi karena pasokan daya listrik yang kurang, itu pertanda aki sudah harus diganti. Nah, mungkin kamu bertanya-tanya biaya ganti aki motor berapa kisarannya? Simak info selengkapnya dalam artikel berikut, yuk!

Ganti aki motor berapa?

ilustrasi aki motor (revzilla.com)

Kondisi aki motor yang kurang baik akan menimbulkan berbagai masalah. Mulai dari mesin yang tidak mau menyala ketika di-starter hingga lampu sein yang perlahan meredup. Oleh karena itu, perawatan aki jadi hal yang juga perlu diperhatikan bagi pemilik kendaraan roda dua.

Jika aki sudah terlalu tua dan tidak layak untuk digunakan lagi, sebaiknya segera ganti dengan yang baru. Namun, kamu perlu memperhatikan jenis aki yang tepat untuk motormu. Kamu bisa membawa motor ke bengkel terdekat untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan.

Besaran biaya ganti aki motor tentu bergantung dari jenis dan merek aki yang kamu butuhkan. Untuk merek aki Yuasa harganya berkisar Rp160 ribu-Rp750 ribu, sedangkan aki Motobatt berkisar Rp164 ribu-Rp450 ribu. Harga tersebut pun bisa berubah sewaktu-waktu.

Untuk biaya penggantian aki di bengkel tentu variatif, tergantung dari kualitas layanan yang diberikan. Oleh karena itu, kamu  bisa tanyakan dulu kepada pihak bengkel terkait biaya layanan penggantian aki. Selain itu, tanyakan juga terkait biaya perawatan aki lanjutan, jika ada.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Aki Basah yang Tidak Bisa Menyimpan Setrum

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya