Comscore Tracker

Honda ADV 160 Debut Global di Indonesia, Begini Spek dan Fiturnya

Selisih harganya ternyata cuma sedikit dengan yang lama

Jakarta, IDN Times - PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya merilis motor skutik adventure terbarunya, yaitu Honda ADV 160. Kehadiran motor ini sebenarnya sudah dinantikan, sejak AHM membocorkan teaser ADV 160 di media sosial Instagram.

New Honda ADV 160 memiliki beberapa perubahaan baru kalau dibandingkan dengan generasi sebelumnya, mulai dari desain body, fitur, sampai ke mesinnya. Asyiknya, motor yang dibanderol dengan harga mulai Rp36 juta sampai Rp39 jutaan ini sudah tersedia di jaringan dealer Honda mulai bulan Juli 2022 ini.

1. Desain Honda ADV 160 semakin gagah

Honda ADV 160 Debut Global di Indonesia, Begini Spek dan FiturnyaDesain Honda ADV 160 semakin gagah dan gambot (IDN Times/Fadhliansyah)

Yang paling terlihat berbeda tentu saja dari desainnya, walaupun masih menggunakan lampu LED depan dan belakang yang sama tetapi perubahan pada desain body masih terlihat jelas. Body depan ke belakangnya kini memiliki garis tajam, dengan penampang yang lebih lebar sehingga tampilan motor ini jadi lebih gambot.

Body yang baru ini selain memberikan tampilan yang lebih gagah, juga membuat ruang pijakan kaki serta bagasinya menjadi lebih luas. Bagasi ADV 160 meningkat 2 liter, dari yang sebelumnya 28 liter menjadi 30 liter.

Bukan cuma body baru, desain windshield ADV 160 juga baru dengan bentuk yang lebih manis dengan lubang kecil di bagian tengah untuk aerodinamika. Windshield motor ini juga memiliki two step adjustable, yang tingginya dapat disesuaikan 75 mm dalam dua tingkat ketinggian.

Baca Juga: Pilihan Aksesori untuk Modifikasi Honda ADV 150 Touring

2. Tinggi jok lebih bersahabat

Honda ADV 160 Debut Global di Indonesia, Begini Spek dan FiturnyaTinggi jok Honda ADV 160 sekarang lebih bersahabat (IDN Times/Fadhliansyah)

Oya, bagi kamu yang masih jinjit saat duduk di atas Honda ADV 150, enggak perlu khawatir lagi. Soalnya ADV 160 memiliki tinggi jok yang lebih bersahabat yaitu 780 mm, yang artinya lebih rendah 15 mm dari Honda ADV 150. Berkurangnya tinggi jok ini membuat raiser setangnya dibuat lebih rendah, sementara setangnya masih sama dengan ADV 150 hanya berbeda pada warnanya saja.

Walaupun joknya lebih rendah, tapi ground clearance motor ini masih lumayan tinggi, yaitu 165 mm. Suspensi depan dan belakang secara tampilan masih sama dengan ADV 150, tetapi disebutkan ada perubahan pada settingannya yang membuat bantingan motor ini jadi lebih nyaman buat dipakai riding.

Secara keseluruhan kaki-kaki ADV 160 masih sama dengan ADV 150, mulai dari desain pelek, ban, serta cakramnya yang memakai ukuran 240 mm di depan dan 220 mm di belakang.

3. Fitur-fitur semakin lengkap

Honda ADV 160 Debut Global di Indonesia, Begini Spek dan FiturnyaPanel instrumen digital baru Honda ADV 160 (IDN Times/Fadhliansyah)

Dari teaser yang sudah disebarkan AHM beberapa waktu lalu, yang menjadi perhatian banyak orang adalah penggunaan panel instrumen baru dari ADV 160. Panel instrumen full digitalnya memang memiliki desain baru dan lengkap, dengan informasi rpm, takometer, trip duration, indikator aki, indikator suhu luar, konsumsi bahan bakar rata-rata, konsumsi bahan bakar instan, indikator penggunaan oli mesin, jam, juga Trip A dan Trip B. Lengkap banget!

Tombol pengaturannya juga kini terpisah dari panel instrumen, yang poisisinya ada di antara handle bar dan panel meter. Sementara fitur lainnya ada Honda Smart Key alarm system, USB charger pada console box, rem ABS (Anti-lock Braking System), CBS (Combi Brake System), ESS (Emergency Stop Signal), ISS (Idling Stop System), serta yang paling baru adalah HSTC (Honda Selectable Torque Control).

4. Spesifikasi mesin

Honda ADV 160 Debut Global di Indonesia, Begini Spek dan FiturnyaCVT dan boks filter udara Honda ADV 160 (IDN Times/Fadhliansyah)

Terakhir pada bagian dapur pacunya, motor skutik premium ini dibekali mesin 160 cc 4 katup eSP PGM-FI dengan pendingin cairan. Mesin ini diklai bisa mengeluarkan tenaga sampai 15,8 dk pada 8.500 rpm, dengan torsi mencapai 14,7 Nm pada 6.500 rpm.

Berdasarkan hasil tes internal dengan metode WMTC-EURO3, ADV 160 memiliki konsumsi bensin 45 km/liter dengan fitur ISS menyala. Itu artinya Honda ADV 160 bisa dipakai menjelajah sampai sejauh 364 km dalam sekali pengisian penuh bahan bakar. Gimana, kamu tertarik memilikinya gak nih?

Baca Juga: Honda ADV 160 Resmi Dirilis di Indonesia, Harga Rp36 Juta

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya