TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Juara di Sektor Keuangan, Alasan Zulkifli Zaini Jadi Dirut PLN 

PLN harus memiliki arus kas yang kuat

IDN Times / Auriga Agustina

Jakarta, IDN Times - Zulkifli Zaini ditunjuk sebagai Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara. Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan Zulkifli dipilih karena dinilai sesuai dengan fokus perusahaan yang mengharuskan adanya arus kas yang kuat.

"Karena dia jago di keuangan, kan PLN kan fokus di distribusi, jadi cashflow harus kuat. Dan menurunkan biaya listrik. Jadi mau tidak mau ahli keuangan yang berpengaruh," katanya di Jakarta, Senin (23/11).

Baca Juga: Zulkifli Zaini Sah Dirut PLN, Ini Kasus yang Timpa Para Pendahulunya

1. Diharapkan dapat menurunkan tarif listrik

Penyerahan SK Direksi dan Komisaris PLN (Dok. Istimewa)

Kementerian BUMN juga mengharapkan agar Dirut PLN yang baru ini bisa melakukan penurunan tarif listrik. Caranya, dengan meminimalisasi impor dan penggunaan energi baru dan terbarukan.

"Kita harapkan (tarif listrik bisa turun), kita usahakan ke sana. Dengan impor turun, kan turun biaya," tutur Arya.

2. Zulkifli Zaini sudah tidak asing di dunia perbankan

Zulkifli Zaini Direktur Utama PLN Periode 2019-2024 (ANTARAFOTO)

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menunjuk Zulkifli Zaini sebagai Direktur Utama PLN. Dia sudah tidak asing di dunia perbankan. Dia menjabat sebagai komisaris independen Bank Negara Indonesia (BNI) sejak 17 Maret 2015 lalu.

Pria yang lahir di Bukit tinggi, Sumatera Barat ini 13 mengawali kariernya di dunia perbankan pada 1988. Saat itu, ia menjadi staf account officer di Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo).

Kariernya di dunia perbankan semakin moncer saat ia bergabung di PT Bank Mandiri sejak 2003. Beberapa jabatan direksi pernah ia cicipi, di antaranya Managing Director of Distribution Network dan Managing Director of Commercial Banking.

Baca Juga: Sederet Tugas Ini Jadi Prioritas Dirut Baru PLN

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya