TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mudik Dilarang, Begini Cara Refund Tiketmu di Traveloka dan Tiket.com

Online travel agent juga akan membantu proses refund

Dok. Traveloka

Jakarta, IDN Times - Pemerintah telah melarang masyarakat untuk mekakukan mudik Lebaran tahun ini akibat pandemik COVID-19. Mau tidak mau, masyarakat yang telah terlanjur membeli tiket pun harus membatalkan perjalanannya.

Traveloka salah satu perusahaan yang melayani pembelian tiket perjalanan memperbolehkan masyarakat melakukan refund tiket untuk calon penumpang yang membatalkan perjalananya.

"Pengguna yang ingin membatalkan perjalanan dengan tiket pesawat, dapat
mengajukan refund dan atau reschedule melalui aplikasi untuk proses yang lebih mudah," kata Head of Marketing, Transport, Traveloka, Andhini Putri kepada IDN Times, Kamis (23/4).

Bagaimana caranya?

Baca Juga: KAI Batalkan Perjalanan KA, Ini Cara Refund Tiket

1. Cara melakukan refund tiket pesawat di Traveloka

IDN Times / Auriga Agustina

Proses refund di aplikasi Traveloka dapat dilakukan melalui laman My Booking atau Pesanan. Kemudian pilih refund pada tiket pemesanan serta mengisi data yang dibutuhkan untuk pengajuan pengembalian dana.

Kendati begitu, Andhini mengatakan pihaknya tak dapat memastikan berapa persen dana yang akan dikembalikan. "Kami sepenuhnya mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh mitra maskapai terkait," ujarnya.

2. Tiket.com pun berkomitmen membantu untuk mengembalikan dana

IDN Times/Prayugo Utomo

Aplikasi pemesanan tiket lain, Tiket.com pun memiliki kebijakan serupa. PR Manager Tiket.com Metha Tri Rizka mengatakan bahwa pihaknya juga mengizinkan calon penumpang untuk melakukan refund tiket pesawat dan akan membantu semua pengajuan pengembalian dana.

"Namun, perlu dipahami bersama bahwa selama masa pandemi COVID-19, permintaan bantuan yang masuk ke customer care tiket.com mengalami lonjakan yang sangat signifikan. Hal ini menyebabkan customer care kami memerlukan waktu lebih untuk merespon permintaan," ujarnya saat dikonfirmasi.

Jadi masyarakat yang mengajukan proses refund, diharapkan sabar untuk menununggu respons.

Baca Juga: Cuhat Sopir Bus Terkait Larangan Mudik: Kami Perlu Makan Pak Presiden!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya