TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pabrik LG Bekasi Ditutup 14 Hari, Jadi Klaster Baru COVID-19

Ada 238 karyawan yang positif

Ilustrasi corona. IDN Times/Arief Rahmat

Jakarta, IDN Times - Pabrik elektronik PT LG Electronics Indonesia di kawasan MM2100, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi menjadi klaster baru penyebaran COVID-19. Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi meminta manajemen menutup perusahaan selama 14 hari.

Saat dikonfirmasi Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah mengatakan, hingga Selasa (25/8/2020) terdapat 238 karyawan yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Dia memberi sinyal tak menutup kemungkinan akan ada penambahan jumlah kasus di pabrik tersebu. "Masih ada yang nunggu hasil PCR," katanya kepada IDN Times, Rabu (26/6/2020).

Baca Juga: 238 Pegawai LG Electronic di Cikarang Positif COVID-19

Menurut Alam, pabrik tersebut sudah ditutup sejak Senin (25/8/2020). Kata dia, butuh waktu 10-14 hari jika pabrik ingin kembali dibuka. "Nanti dievaluasi lagi sebelum dibuka kembali," katanya.

Saat ini kata dia, Pemerintah Kabupaten Daerah Bekasi tengah melakukan beberapa strategi untuk meminimalisasi penyebaram COVID-19 dari pabrik tersebut, di antaranya melakukan sterilisasi, kontak tracing, test massif, terapi dan isolasi.

1. Akan ditutup paling lama 14 hari

Ilustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

2. Awal mula penyebaran COVID di pabrik LG

Ilustrasi Virus Corona. IDN Times/Mardya Shakti

Alam menceritakan, awalnya salah satu karyawan pabrik tersebut meninggal di RS Pasar Rebo, Jakarta Timur pada Rabu (19/8/2020) akibat COVID-19.

Karena itu, perusahaan mengambil tindakan untuk melakukan tes PCR terhadap karyawan lainnya. "Dilakukan PCR massal hari Jumat, karena almarhum termasuk staf di office yang mobile," tegasnya.

Darii hasil tes tersebut diketahui 238 orang karyawan lainnya juga terdeteksi positif COVID-19.

Baca Juga: Klaster Pegawai LG Indonesia, Satgas COVID-19 Lacak Kontak Erat

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya