TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Transformasi Jadi GrabKios, Kudo Gandeng Mandiri dan Bulog

GrabKios akan dukung warung tradisional

IDN Times / Auriga Agustina

Jakarta, IDN Times - Penyedia layanan jual-beli berbasis digital (online to offline/O2O) Kudo resmi melakukan transformasi menjadi GrabKios, Kamis (7/11). Untuk tranformasi tersebut, Grabkios bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), serta didukung oleh mitra bisnis Grab, yakni Perum Bulog dan Bank Mandiri.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki mengatakan upaya Grab Indonesia menghubungkan 2,6 juta mitra agen di 505 kota/kabupaten di Indonesia ke dalam ekosistem ekonomi digital adalah suatu terobosan. Sehingga, secara tidak langsung para UKM didorong untuk melakukan digitalisasi dalam bisnisnya.

"Melalui pemanfaatan digitalisasi di dalam bisnisnya, warung akan semakin kompetitif dalam menghadapi persaingan dengan retail modern maupun dalam memberikan layanan kepada konsumennya.” kata Teten di Jakarta, Kamis (7/11).

Baca Juga: 5 Jurus Menteri Teten Masduki Dorong Koperasi dan UMKM Naik Kelas

1. Memberdayakan tambahan mitra GrabKios pada 2021

IDN Times / Auriga Agustina

Pada kesempatan yang sama, Head of GrabKios Agung Nugroho mengatakan tujuan utama Grabkios adalah untuk memberdayakan tambahan mitra GrabKios di Indonesia pada 2021. Pemberdayaan melalui pemanfaatan teknologi itu, untuk membantu mereka berkembang serta terus melayani masyarakat.

"Dengan membawa Kudo lebih dekat ke dalam ekosistem Grab. Dan bertransformasi menjadi GrabKios memungkinkan kami untuk mempercepat inovasi. Memanfaatkan jaringan kemitraan dari kedua perusahaan untuk menawarkan lebih banyak manfaat dan layanan kepada warung," ucapnya.

2. Bulog dan Bank Mandiri bangga ditunjuk sebagai mitra

IDN Times / Auriga Agustina

Sementara itu, Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan kerja sama ini dapat membantu Bulog memerangi mafia pangan. Dengan penjualan beras melalui aplikasi, masyarakat dapat secara instan membeli beras.

“Sebagai salah satu bentuk komitmen Bulog dalam menjamin ketahanan pangan. Kami sangat bangga dapat bekerja sama dengan Grab untuk menyalurkan beras kepada yang yang membutuhkan serta mempertegas kemitraan kami dengan salah satu perusahaan startup terkemuka di Indonesia,” ucapnya.

Sementara Ritel Bankin Direcor Bank Mandiri, Donsuwan Simatupang, mengatakan seiring dengan pertumbuban ekonomi digital, pihaknya berharap perusahaan kecil dan menengah bisa bersaing dan mendapat lebih banyak keuntungan.

Baca Juga: Transaksi UMKM GrabKios Meningkat 40 Persen

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya