TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ekonomi Indonesia Turun di Kuartal Tiga 2016. Ini Penyebabnya!

Pemangkasan anggaran disebut sebagai salah satu sebabnya

Rivan Awal/ANTARA FOTO

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III (tiga) 2016 mengalami penurunan. Seperti dikutip dari Viva.co.id, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis ekonomi Indonesia pada kuartal III hanya tumbuh 5,02 persen. Angka itu lebih rendah dari pertumbuhan ekonomi di kuartal II (dua) yang mencapai 5,18 persen. Walaupun mengalami perlambatan, capaian ini sesuai dengan prediksi dari beberapa pengamat ekonomi. BPS menyebut ada beberapa sebab yang membuat perekonomian Indonesia menurun.

Efek perekonomian global.

Rivan Awal/ANTARA FOTO

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan bahwa kondisi perekonomian dunia yang belum stabil memberikan imbas besar pada ekonomi domestik. Perlu upaya ekstra untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi ke depan.

Baca juga: Nasihat Keuangan yang Harus Kamu Ingat Jika Pemasukanmu 4 Juta/Bulan

Pemangkasan anggaran juga menjadi pengganjal pertumbuhan.

Fakhri Hermansyah/ANTARA FOTO

Selain faktor eksternal, keputusan pemerintah memangkas Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun ini juga menjadi sebab lain. Ini diperparah dengan belum membaiknya sektor investasi dan konsumsi masyarakat.

Belanja pemerintah menurun.

Muhammad Adimaja/ANTARA FOTO

Sementara itu, diberitakan Bisnis.com, konsumsi pemerintah juga berkontribusi terhadap perlambatan ekonomi kuartal III. Belanja pemerintah rendah karena distribusi gaji ke-13 Pegawai Negeri Sipil (PNS) sudah didistribusikan pada kuartal II lalu.

Baca juga: Walaupun Gaji Kecil, Pekerja Indonesia Salah Satu yang Paling Bahagia di Asia

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya