TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Belajar Bisnis dari Ren Zhengfei, Bangun Huawei Cuma Modal Rp43 Juta

Semua bisa sukses asal ditekuni dengan baik

Pendiri Huawei, Ren Zhengfei. (Huawei.com)

Jakarta, IDN Times - Kesuksesan bisa datang pada siapa saja. Semua tergantung dari seberapa besar kamu mau berusaha dan memanfaatkan setiap peluang yang ada. Tidak lupa, kesuksesan juga datang pada mereka yang punya mental sekuat baja.

Hal itu yang mungkin terjadi pada Ren Zhengfei. Tidak ada yang menyangka bila pria kelahiran Anshun, Tiongkok, 25 Oktober 1944 itu sukses membangun kerajaan bisnis bernama Huawei.

Seperti apa kisahnya Ren dalam membangun Huawei? Berikut IDN Times mengulasnya.

Baca Juga: Kisah Pemuda Inggris Habiskan Rp80 Juta untuk Rawat 1.400 Tanaman

Baca Juga: Kisah John Paul DeJoria, Eks Gelandangan yang Jadi Konglomerat Dunia

1. Berasal dari keluarga miskin

Ilustrasi Kemiskinan (IDN Times/Arief Rahmat)

Ren bukanlah orang yang diberkati oleh kekayaan melimpah saat dilahirkan ke dunia. Dilansir dari Forbes, ia berasal dari keluarga miskin. Orang tuanya hanyalah seorang guru yang penghasilannya tidak seberapa saat itu.

Ia tumbuh besar di sebuah kota pegunungan di Provinsi Guizhou, Tiongkok Selatan. Saat itu, tempat tinggal Ren bahkan sudah rusak dan retak pada dindingnya. Perutnya juga cukup akrab dengan jagung atau gandum yang menjadi konsumsi rutin ia dan keluarganya.

2. Sempat menjadi tentara sebagai teknisi lab militer

Ilustrasi tentara. Unsplash/Stijn Swinnen

Pada 1974, ia sempat menjadi tentara sebagai teknisi laboratorium militer dan ditempatkan di Liaoyang, provinsi pedesaan di Timur Laut Tiongkok. Disana, ia membangun rumah sederhana bersama tentara-tentara lain, untuk berlindung dari dinginnya angin.

Selama menjadi teknisi laboratorium militer, Ren dikenal sebagai penemu yang banyak bereksperimen, dan menciptakan berbagai mesin. Ia pun diberi julukan "Ren-Tech" oleh tentara lain. 

Baca Juga: Kisah Khalil Rafati, Mantan Pecandu yang Kini Sukses Jualan Jus

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya