TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Menhub Rayu Sri Mulyani Kucurkan Subsidi Maskapai untuk Genjot Wisata

Semoga dikabulkan ya Pak Menhub

IDN Times/Helmi Shemi

Jakarta, IDN Times - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bakal mengajukan usulan ke Menteri Keuangan Sri Mulyani agar kementeriannya mau mengalokasikan anggaran subsidi kepada maskapai penerbangan yang melayani 13 destinasi wisata di Indonesia.

"Subsidi itu menjadi penting. Semua stakeholder setuju termasuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Karena itu, kami akan menghadap Menteri Keuangan untuk subsidi diberikan kepada 13 destinasi wisata," kata Budi Karya seperti dikutip ANTARA, Jumat (13/11/2020).

Baca Juga: Bangkrut, Maskapai Asal Thailand Kini Beralih Jual Gorengan

1. Kemenhub berkomitmen dukung kegiatan pariwisata di Tanah Air

IDN Times/Nugroho Adi Purwoko

Budi Karya mengatakan pihaknya akan terus memberikan dukungan untuk sektor pariwisata tanpa mengesampingkan protokol kesehatan yang dijalankan. Dia berharap dukungan pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya dapat menggairahkan kembali sektor pariwisata.

"Perintah presiden kepada Kementerian Perhubungan jelas bahwa harus men-support kegiatan pariwisata. Karena itu, setelah melakukan persiapan prasarana kami memastikan protokol kesehatan di bandara-bandara dengan baik," ucap dia.

"Syukurlah bahwa pada liburan panjang, ada dua riset yang kami lakukan yakni pertama bahwa mereka yang terpapar relatif datar, tidak ada kenaikan," tambahnya.

2. Mulai terjadi pemulihan penumpang dalam beberapa waktu terakhir

Bandar Udara Internasional Sisingamangaraja XII (Bandara Silangit), Tapanuli Utara, Sumatra Utara (IDN Times/Lia Hutasoit)

Mantan Direktur Pelaksana PT Angkasa Pura II (Persero) ini mengungkapkan, subsidi yang diberikan pemerintah di bandara mendorong pertumbuhan jumlah penumpang. Hal ini tercermin dari jumlah penerbangan Soekarno Hatta sudah mencapai 60 persen dari sebelum pandemi.

Bahkan khusus untuk tiket ke Labuan Bajo pada liburan panjang lalu, sulit untuk di dapatkan. Padahal, Garuda Indonesia sudah terbang dengan pesawat yang lebih lebar.

"Karena itu, kami akan menghadap Menteri Keuangan untuk subsidi diberikan kepada 13 destinasi wisata, dengan adanya subsidi itu, maka harga tiket relatif bisa lebih rendah," imbuh dia.

Baca Juga: Geliat Pariwisata Indonesia di Tengah Pandemik Virus Corona

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya