TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Presiden Jokowi dan IMF Tukar Pikiran Soal Ekonomi Dunia

Pertemuan keduanya dilakukan di sela-sela KTT ke-35 ASEAN.

Biro Pers Kepresidenan

Jakarta, IDN Times - Di sela rangkaian acara KTT ke-35 ASEAN, Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan bilateral dengan Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva. Keduanya bertemu langsung di Impact Exhibition and Convention Center pada Minggu (3/11) kemarin.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan resminya, Minggu (3/11). Dalam pertemuan tersebut, Retno mengatakan bila Presiden Jokowi mengucapkan selamat atas terpilihnya Kristalina sebagai Direktur Pelaksana IMF. Kristalina merupakan Direktur Pelaksana IMF pertama yang berasal dari negara ekonomi yang sedang berkembang (Bulgaria).

"Ini adalah merupakan Managing Director dari IMF pertama yang berasal dari emerging economy," kata Retno.

Baca Juga: Hadiri KTT ke-35 ASEAN di Bangkok, Jokowi Dapat Hadiah Jersey Istimewa

1. Bertukar pikiran tentang ekonomi dunia

Biro Pers Kepresidenan

Retno mengungkapkan, keduanya banyak bertukar pikiran mengenai situasi ekonomi dunia dan di kawasan. Kristalina mengatakan bahwa saat ini perekonomian dunia sedang mengalami perlambatan, bahkan mengalami pertumbuhan terendah dalam satu dekade terakhir. Meski demikian, kondisi di negara-negara ASEAN termasuk Indonesia dinilainya jauh lebih baik.

"Beliau mengatakan bahwa ekonomi ASEAN masih berada di bright spot in the world economy. Bright spot-nya ada di ASEAN," tuturnya.

2. Jokowi sampaikan fokus pembangunan Indonesia lima tahun ke depan

Biro Pers Kepresidenan

Lebih lanjut, Retno menyampaikan bahwa Presiden Jokowi menjelaskan mengenai fokus pembangunan Indonesia selama lima tahun ke depan. Beberapa di antaranya yang disinggung oleh Presiden ialah pembangunan sumber daya manusia.

"Lalu keberlanjutan pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi, dan reformasi kelembagaan," jelas Retno.

Baca Juga: KLHK dan BMKG Pastikan Asap Karhutla di Negara ASEAN Ini Tak Menyebar  

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya