TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Erick Thohir Gak Mau BUMN Memonopoli Pasar 

BUMN harus jadi penyeimbang dan berkompetisi secara sehat

Erick Thohir pastikan Bio Farma siap produksi 250 juta dosis vaksin COVID-19 per tahun di akhir tahun 2020 (Dok. Kementerian BUMN)

Jakarta, IDN Times - Menteri BUMN Erick Thohir tidak mau perusahaan-perusahaan BUMN memonopoli pasar di Indonesia. Menurutnya, BUMN harus menjaga dan menjadi penyeimbang pasar dan bekerja sama dengan perusahaan swasta maupun asing.

"Saya menolak gagasan individu atau perusaahan yang memang sekarang trennya winner takes all, yaitu mengejar market ini untuk dimonopoli," kata Erick dalam acara Grand Launching Tadex, Selasa (29/6/2021).

Baca Juga: Erick Thohir: Pemerintah Siap Produksi Massal Ivermectin

1. BUMN harus berkompetisi secara sehat dengan swasta dan asing

Gedung BUMN. (IDN Times/Indiana Malia)

Erick menegaskan bahwa perusahaan BUMN harus menjadi lokomotif pembangunan namun juga memastikan perusahaan berjalan dengan sehat. Dengan demikian, BUMN bisa membuat program-program yang dekat dengan rakyat dan berkontrbusi ke pemerintah melalui deviden.

"Contoh HIMBARA, bank-bank HIMBARA sustain di market yang terbuka dengan persaingan bisnis dengan swasta dan asing, kita tidak memonopoli tapi berkompetisi secara sehat tanpa meninggalkan penugasan yang diberika negara kepada kami," ujarnya.

Baca Juga: Erick Thohir: Penerapan WFH di BUMN Tak Berubah Sejak Awal

2. Perusahaan BUMN harus bertransformasi lebih baik

Logo Telkom Indonesia (Website/telkom.co.id)

Kepada Telkom dan Telkomsel, Erick berharap kedua perusahaan tersebut tidak 'alergi' dengan persaingan yang ada dari perusahaan telco lainnya di Indonesia. Ia meminta agar Telkom dan Telkomsel bermetamorfosis menjadi perusahaan digital.

"Saya menekankan Telkom jadi perusahaan service company, di mana kita harus mendukung bakcbone digitalisasi salah satunya dengan invetasi secara siginfikan di data center bahwa data kita harus terproteksi dan dilindungi," paparnya.

Baca Juga: Kasus COVID-19 Melonjak, Erick Thohir Ungkap Kondisi Terkini RS BUMN

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya