TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Listrik Batal Naik, Kemenkeu Tetap Siapkan Anggaran Subsidi?

Kementerian ESDM menilai belum diperlukan kenaikan tarif

Ilustrasi listrik (IDN Times/Arief Rahmat)

Jakarta, IDN Times - Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani mengaku belum mengetahui apakah akan ada rencana perubahan anggaran subsidi pasca pembatalan kenaikan tarif golongan 900 VA terhitung sejak 1 Januari 2020.

"Belum tahu, nanti pemerintah akan bicara dengan ESDM dan bisa saja parameter 2020 lebih hemat biaya sehingga gak perlu ada penyesuaian tarif itu kita lihat akan lebih lengkap," kata Askolani di Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (31/12).

1. Belum akan ada perubahan?

Dirjen Anggaran Askolani. IDN Times/Hana Adi Perdana.

Askolani juga mengatakan, Kementerian Keuangan masih akan menunggu parameter 2020 terkait anggaran subsidi listrik ini. Sehingga pemerintah belum bisa mengubah langsung pasca pembatalan kenaikan tarif listrik ini pada anggaran 2020.

"Pertama menunggu parameter 2020 bagaimana kemudian kita bicarakan detail dengan pemerintah implementasi APBN jadi akan berjalan," katanya.

2. Pembatalan kenaikan tarif untuk listrik golongan 900 Volt Ampere (VA)

Arifin Tasrif (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Keputusan pembatalan kenaikan tarif ini dipastikan Menteri ESDM Arifin Tasrif setelah mempertimbangkan stabilitas ekonomi dan menjaga daya beli masyarakat.

"Belum (ada kenaikan). Kita jaga kestabilan dulu," kata Arifin dalam informasi tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Sabtu (28/12).

Baca Juga: BPS: Tarif Listrik Naik, Inflasi Juga Ikut Naik

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya