TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Maaf, Luhut Tutup Pintu Pariwisata bagi Bule sampai Akhir Tahun

Mau fokus ke wisatawan domestik aja

IDN Times/Ayu Afria

Jakarta, IDN Times - Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan menutup pintu pariwisata untuk wisatawan mancanegara (wisman) hingga akhir tahun ini. Ia mengatakan pemerintah akan fokus pada pergerakan wisatawan domestik terlebih dulu.

"Turis asing kita pikir sampai akhir tahun belum akan terima. Biar saja kita dulu konsolidasi sendiri," kata Luhut dalam webinar APINDO, Kamis (13/8/2020).

Baca Juga: Anjlok 88 Persen, Jumlah Wisman Cuma 160 Ribu di Juni 2020

1. Fokus pada potensi wisatawan domestik

Ilustrasi pariwisata. IDN Times / Shemi

Luhut menyebut kini pemerintah menargetkan pertumbuhan wisatawan domestik sebesar 70 persen. Ia sudah melaporkan potensi ini kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Terlebih dengan tidak diselenggarakannya umrah sehingga masyarakat dinilai punya kemampuan finansial lebih.

"Itu setiap tahun hampir 500.000 sampai 1 juta orang umrah. Kan itu orang yang punya dana, yang umroh. Kemudian orang yang berobat ke Singapura, ke Penang di Malaysia kan gak berobat. Dan itu hampir semua kita hitung mungkin hampir puluhan miliar dolar Amerika Serikat," ujar Luhut.

2. Sempat khawatir buka pariwisata Bali

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Dok. Kemenko Marves

Luhut mengaku sempat khawatir saat membuka pariwisata Bali kasus COVID-19 di Pulau Dewata tersebut akan bertambah. Namun setelah 2 minggu dibuka, jumlah kasus COVID-19 di sana terbilang datar.

"Jadi setiap hari kalau kita lihat jumlah yang sembuh sudah rata-rata 65 persen. Bali hampir 85 persen. Fatality rate juga sudah menurun ke 4,5 persen. Jadi saya lihat ini angka-angka yang bagus," kata dia.

Baca Juga: 8 Destinasi Surfing yang Gak Kalah Populer dari Bali, Wajib Dicoba!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya