TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pertemuan Tahunan Bank Dunia-IMF 2021 Ditunda Setahun karena Pandemik

Pada tahun ketiga biasanya diadakan di negara anggota

Ilustrasi. ANTARA FOTO/Istimewa

Jakarta, IDN Times - Kelompok Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF) mengumumkan penundaan pertemuan tahunan yang direncanakan berlangsung di Marrakesh, Maroko, pada Oktober 2021.

Dilansir dari laman resmi Bank Dunia pada Jumat (6/11/2020), pertemuan tersebut diundur 12 bulan hingga 2022 karena pandemik COVID-19.

Baca Juga: Bank Dunia: Investor Jangan Tagih Utang ke Negara Miskin saat Pandemik

1. Pertemuan tahunan Bank Dunia dan IMF

Kantor Bank Dunia di kawasan SCBD, Jakarta Selatan. (Google Street View)

Bank Dunia menjelaskan bahwa pertemuan tahunan tersebut diadakan selama dua tahun berturut-turut di kantor pusat Kelompok Bank Dunia dan IMF di Washington, D.C. dan setiap tahun ketiga di negara anggota lainnya.

Pertemuan Tahunan mempertemukan para gubernur bank sentral, menteri keuangan dan pembangunan, eksekutif sektor swasta, masyarakat sipil, media dan akademisi. Pertemuan itu untuk membahas masalah-masalah global, termasuk prospek ekonomi dunia, stabilitas keuangan global, pengentasan kemiskinan, pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan penciptaan lapangan kerja, perubahan iklim, dan lainnya.

2. Pertemuan tahun ini secara virtual

Ilustrasi Uang, Investasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Akibat pandemik virus corona, pertemuan kedua pemberi pinjaman multilateral itu pada tahun ini dilaksanakan secara virtual yang digelar pada 17-19 April 2020.

Pada Oktober, mereka juga mengadakan pertemuan tahunan dalam format virtual.

Baca Juga: Bank Dunia Dukung Pemerintah Indonesia Terapkan Omnibus Law 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya