TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Organda: Capres-Cawapres Tak Cukup Hanya Modernisasi Moda Berbasis Rel

Pesan Organda untuk pasangan capres dan cawapres

Foto Pribadi

Jakarta, IDN Times - Sama seperti rakyat luas, Organisasi Angkutan Darat (Organda) punya harapan besar kepada dua pasangan calon calon presiden dan wakilnya. Gabungan organisasi-organisasi pengusaha angkutan darat itu berharap para calon pemimpin Indonesia punya rencana atau pola pengembangan transportasi yang berkelanjutan.

Maksudnya apa ya?

Baca Juga: LRT Jakarta Belum Meluncur, Ini Alasan Sandiaga Uno

1. Bagaimana nasib angkutan massal berbasis jalan raya setelah LRT dan MRT

Foto Pribadi

Keberlanjutan yang dimaksud di atas , kata kata Sekretaris Jenderal Organda Ateng Aryono, adalah adanya pengembangan angkutan massal berbasis jalan raya yang sudah hadir sebelumnya--untuk mendukung angkutan massal berbasis rel yang nanti akan hadir.

"Tentunya tidak cukup hanya memodernisasi moda berbasis rel, seperti LRT an MRT, tetapi bagaimana hubungannya dengan angkutan yang sudah eksis sebelumnya," kata Ateng kepada Antara, Jumat (10/8).

2. Pelibatan "pemain" angkutan umum lama

IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Karena itu, menurut Ateng, harus ada skenario untuk menjaga para pelaku usaha yang sudah lama dalam mengembangkan angkutan umum agar mendukung moda transportasi yang di kemudian hari menjadi andalan, seperti MRT dan LRT.

"Harus dukung dari sisi pemain yang sebelumnya sudah ada untuk dukung angkutan yang nantinya jadi backbone, kemudian saya pikir kita ada BRT, MRT dan LRT nantinya untuk digabungkan untuk memperbaiki sistem yang saat ini," katanya.

Baca Juga: Proses Pemeriksaan Kesehatan Capres Makan Waktu Sekitar 7 Jam

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya