TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

JakCloth Summerfest Reload Perkuat Industri Fesyen UMKM

Perputaran ekonomi di JakCloth mencapai miliaran rupiah

Event lokal clothing terbesar di Indonesia, JakCloth Summerfest Reload, kembali digelar 5-9 Juli 2023 di Senayan, Jakarta. (Dok. Kemenkop UKM)

Jakarta, IDN TimesEvent lokal clothing terbesar di Indonesia, JakCloth Summerfest Reload, kembali digelar 5-9 Juli 2023 di Senayan, Jakarta. JackCloth merupakan wadah bagi inovasi, inspirasi, dan kolaborasi luar biasa para pelaku UMKM bidang fesyen. 

“JakCloth bukan lagi hanya sebuah event, melainkan platform, bahkan agregator produk fesyen terbaik lokal,” ujar Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki pada pembukaan JakCloth Summerfest Reload di Jakarta. 

Baca Juga: Lima Tahun Absen, JakCloth Kembali Adakan Konser Musik Tahun Ini

1. Kemenkop UKM memberikan dukungan pembiayaan melalui KUR

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki pada pembukaan JakCloth Summerfest Reload di Jakarta. (Dok. Kemenkop UKM)

Menteri Teten mengatakan, JakCloth telah menjadi event lokal clothing terbesar di Indonesia yang mendapat dukungan dari Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM).

Kemenkop UKM memberikan dukungan pembiayaan melalui KUR dalam pembelian bahan baku kolektif, produksi bersama, gudang bersama, sampai dengan pembelian booth di event JakCloth agar UMKM semakin bisa mengakses pasar.

Menkop UKM mengatakan dukungan ini merupakan bentuk nyata bagaimana pemerintah juga merespons kebutuhan UMKM di Indonesia. 

2. Industri fesyen memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia

https://unsplash.com/@beccamchaffie

Menkop UKM menegaskan, industri fesyen memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia. Sebanyak 18 persen dari perolehan PDB Indonesia berasal dari sektor ini dan menyumbang 66 persen dari total nilai ekspor produk ekonomi kreatif Indonesia. 

"Angka-angka ini membuktikan potensi besar yang dimiliki oleh industri fesyen di Indonesia, dan JakCloth hadir sebagai wujud nyata dari keberhasilan ini. Perputaran ekonomi yang terjadi di setiap acara JakCloth dapat mencapai hingga miliaran rupiah," kata Menteri Teten. 

Baca Juga: MenKopUKM Buka Jakcloth Ramadan dan Muslim Market Indonesia di JCC

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya