TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apa Penyebab Ekonomi Tiongkok Bisa Tumbuh 18,3 Persen di Q1 Tahun Ini?

Target pertumbuhan ekonomi Tiongkok 6 persen untuk 2021

Presiden Tiongkok, Xi Jinping, saat berpidato secara virtual usai penandatangan perjanjian RCEP. (Twitter.com/ChinaEUMission)

Jakarta, IDN Times – Perekonomian Tiongkok mencatatkan rekor pertumbuhan sebesar 18,3 persen pada kuartal pertama (Q1) 2021 dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu. Ini adalah pertumbuhan terbesar dalam produk domestik bruto (PDB) sejak Tiongkok mulai mencatatkan rekor kuartalan pada 1992, menurut BBC, Sabtu (17/4/2021).

Meski tumbuh tinggi, angka yang dirilis Jumat itu di bawah ekspektasi, di mana jajak pendapat ekonom Reuters memperkirakan pertumbuhan sebesar 19 persen.

Baca Juga: Ekonom Bank of America Sebut Ekonomi Tiongkok Bakal Lampaui AS

1. Awal yang baik

ANTARA FOTO/REUTERS/David Gray

Biro Statistik Nasional mengatakan pertumbuhan itu merupakan awal yang baik karena pertumbuhan itu terjadi setelah Tiongkok mencatatkan kontraksi ekonomi yang sangat besar tahun lalu.

Pada kuartal pertama pada 2020, ekonomi Tiongkok menyusut 6,8 persen karena penguncian (lockdown) nasional saat wabah COVID-19 mencapai puncaknya di negara itu.

“Perekonomian nasional melakukan awal yang baik,” kata Biro Statistik Nasional, yang merilis data kuartal pertama.

Baca Juga: Erick Thohir: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Gak Akan Setinggi Tiongkok

2. Tiongkok harus tetap waspada

Seorang pria membawa bendera China dari sebuah rumah di seberang Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Chengdu, provinsi Sichuan, China, Minggu (26/7/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Peter)

Meski ekonomi tumbuh pesat, lembaga itu juga memperingatkan untuk tetap waspada mengingat pandemik COVId-19 masih menyebar secara global dan banyak ketidakpastian yang terjadi di saat bersamaan.

“Kita harus menyadari bahwa epidemi COVID-19 masih menyebar secara global dan lanskap internasional rumit dengan ketidakpastian dan ketidakstabilan yang tinggi,” katanya.

Baca Juga: Pulih! Perekonomian Tiongkok Tumbuh 18,3 Persen di Kuartal I

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya