TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hipmi: Vaksin COVID-19 dan 'Vaksin' Ekonomi Harus Sejalan dan Selaras

Untuk mempercepat proses pemulihan ekonomi nasional

(Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) Mardani H Maming) Dok. Tangkapan Layar via Zoom Indikator Politik Indonesia

Jakarta, IDN Times - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) meminta pemerintah untuk selaras menjalankan program vaksin COVID-19 dan vaksin ekonomi. Hal tersebut dianggap bisa menjadi cara ampuh untuk memulihkan perekonomian nasional dengan cepat.

Permintaan itu disampaikan Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Hipmi Mardani H Maming sebelum mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Hipmi 2021, Jumat (5/3/2021).

"Vaksin COVID-19 penting tapi vaksin ekonomi juga sangat penting sehingga harus dijalankan secara bersamaan. Vaksin COVID-19 untuk memberikan kekebalan, vaksin ekonomi untuk mendorong daya saing dan transformasi ekonomi," ucap Maming.

Baca Juga: HIPMI Diharapkan Gandeng UMKM untuk Bangkitkan Ekonomi Sumsel 

1. Penguatan inovasi dan teknologi

IDN Times/Galih Persiana

Lebih lanjut Maming menjelaskan bahwa yang dimaksudnya sebagai vaksin ekonomi adalah penguatan dari sisi inovasi dan teknologi, terutama pada usaha-usaha milik pengusaha lokal atau di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Vaksin (berupa) inovasi dan teknologi yang perlu kita suntikkan dalam perekonomian bangsa agar semakin produktif dan berdaya saing dan mampu mengejar ketertinggalan kita," ujar dia.

2. Belum meratanya inovasi dan teknologi di dunia usaha

IDN Times/Dhana Kencana

Inovasi dan teknologi merupakan satu hal penting di dunia usaha saat ini. Namun, sayangnya hal tersebut, menurut Maming, masih banyak dikuasai bangsa asing.

"Teknologi digital juga membuktikan mampu mendorong peningkatan intensitas produksi dan perdagangan global, sayangnya semua sebagian besar masih dikuasai bangsa lain tanpa ada upaya penciptaan dan pengembangan dari anak bangsa," kata Maming.

Maming pun meminta keseriusan dari segenap pihak yang terlibat agar inovasi dan teknologi bisa merata di seluruh dunia usaha di Indonesia.

Baca Juga: HIPMI: Omnibus Law Bisa Ciptakan Lapangan Kerja di Tengah Pandemik

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya