TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

IPO Saat Pasar Tak Menentu, Bos GoTo: Yang Penting Mulai Aja Dulu!

GoTo resmi IPO di BEI pada Senin (11/4/2022)

CEO Grup GoTo, Andre Soelistyo dalam IPO GoTo pada Senin (11/4/2022). (dok. GoTo)

Jakarta, IDN Times - Keputusan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk alias GoTo mencatatkan penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) di tengah krisis akibat pandemik COVID-19, dinilai cukup berani.

Seperti diketahui, pandemik COVID-19 telah membuat situasi dan kondisi pasar global menjadi tak menentu. CEO Grup GoTo, Andre Soelistyo pun mengungkapkan bahwa pihaknya enggan menunggu perfect timing lantaran pada dasarnya dalam IPO tidak ada waktu yang benar-benar sempurna atau tepat.

"Orang selalu bilang perfect timing, tapi dalam menjadi perusahaan publik, saya merasa tidak ada yang namanya perfect timing, yang penting mulai aja dulu karena itu sebuah starting line yang baru," kata Andre, dalam konferensi pers virtual, Senin (11/4/2022).

Baca Juga: Resmi IPO, GoTo Jadi Decacorn Pertama di Bursa ASEAN

1. Pasar Indonesia dalam kondisi baik

Beri kemudahan pada pelanggan (Dok. GoTo)

Sejalan dengan hal tersebut, kondisi Indonesia baik dari sisi negara maupun pasar modal dinilai dalam kondisi baik. Hal itu pun mendukung tujuan awal IPO GoTo yang menyasar target investor lokal.

"Kami lihat meskipun pasar sedang tidak menentu, tapi Indonesia sendiri performance-nya sangat baik sekali sebagai negara dan capital market. Indonesia sendiri sudah bangkit dari masa COVID-19. Jadi domestic consumption juga meningkat dengan sangat pesat, ekspor meningkat sangat pesat, dan sebagainya," tutur Andre.

2. Jokowi apresiasi IPO GoTo

Presiden Jokowi melakukan Peresmian PLTA Poso Energy 515 MW dan PLTA Malea Energy 90 MW, Kabupaten Poso, pada Jumat (25/2/2022). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Langkah GoTo yang memutuskan IPO GoTo mendapatkan dukungan dari Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Jokowi mengapresiasi GoTo atas IPO tersebut dan memuji program Saham Gotong Royong yang telah dijalankan oleh GoTo.

"Saya menyampaikan selamat atas terlaksananya penawaran umum perdana PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk di Bursa Efek Indonesia. Saya juga mengapresaisi program saham gotong royong, sebuah program saham inklusif yang membuka akses bagi ratusan ribu mitra driver, mitra UMKM, dan konsumen," kata Jokowi.

Jokowi pun berharap agar IPO GoTo ini bisa memberikan motivasi lebih bagi anak muda Indonesia untuk lebih terlibat dalam kemajuan perekonomian Indonesia.

"Saya harap IPO GoTo memotivasi anak-anak muda Indonesia untuk memberikan energi baru bagi lompatan kemajuan ekonomi negara kita," kata dia.

Baca Juga: GoTo Resmi IPO Hari Ini, Jokowi Apresiasi Program Saham Gotong Royong

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya