TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kereta Api Angkutan Paling Pas ke Soekarno Hatta? Menhub Beberkan Ini

Menhub punya beberapa strategi untuk tingkatkan layanan KA

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Jakarta, IDN Times - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi meyakini kereta api menjadi salah satu angkutan yang dapat diandalkan untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta dari Jabodetabek. Dia menyebut kereta api adalah moda yang tepat waktu, nyaman, dan bisa menjangkau setiap tempat.

"Kami berdiskusi bagaimana upaya meningkatkan kapasitas, memperluas jangkauan, mengintegrasikan dengan berbagai moda, dan mengupayakan tarif angkutan massal yang lebih terjangkau kepada masyarakat yang akan menuju Bandara Soekarno-Hatta maupun sebaliknya di wilayah Jabodetabek," ucap Budi Karya dalam pernyataan resminya, dikutip Senin (29/5/2023).

Baca Juga: Rute Kereta Bandara Kualanamu Bakal Diperpanjang Sampai Stasiun Binjai

Baca Juga: Bus TransJakarta Bakal Beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta

1. Menyediakan counter check-in dan bagasi di stasiun kereta api

Ilustrasi penumpang pesawat terbang di bandara. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Adapun salah satu upaya yang akan dilakukan Kemenhub untuk meningkatkan layanan kereta api dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta adalah dengan menyediakan counter check-in dan bagasi di stasiun kereta api.

Budi Karya berharap, hal itu bisa memudahkan masyarakat yang akan menuju bandara maupun sebaliknya.

"Orang yang akan ke bandara atau sebaliknya pasti membawa barang. Kami akan pikirkan bagaimana check-in itu tidak perlu di bandara, tetapi bisa di Stasiun Manggarai atau Bekasi. Begitupun sebaliknya dari bandara, bisa ambil barangnya di stasiun tujuan. Kemudahan-kemudahan ini yang akan kami upayakan," papar dia.

Baca Juga: Cara dan Syarat Naik Kereta Bandara Soekarno-Hatta, Bebas Macet!

2. Menambah rangkaian kereta

Kereta Api Bandara Soetta (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Upaya lainnya yang akan dilakukan untuk meningkatkan layanan kereta api adalah meningkatkan jumlah kereta api dari yang saat ini berjumlah 40 trainset menjadi 56 trainset. Dengan begitu, kereta tersebut akan mengalami peningkatan kapasitas angkutnya.

Kemudian, menambah rute perjalanan kereta api dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta sampai ke Stasiun Bekasi dengan rute Bekasi, Jatinegara, Pasar Senen, Kampung Bandan, Duri, hingga Stasiun Bandara Soekarno-Hatta dan sebaliknya.

"Integrasi dapat dilakukan termasuk menjangkau hingga ke Stasiun Bekasi, karena KA bandara saat ini dikelola oleh KAI Commuter sehingga bisa diselaraskan dengan jadwal KRL," kata Budi Karya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya