TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Lama Tidak Terdengar, Apa Kabar Bukit Algoritma?

Proyek Bukit Algoritma diklaim Budiman masih terus berjalan

Politikus PDIP Budiman Sudjatmiko (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Jakarta, IDN Times - Lama tidak terdengar kabarnya, proyek Bukit Algoritma diklaim masih terus berlangsung. Hal itu disampaikan oleh Budiman Sudjatmiko selaku orang pertama yang menggemakan proyek tersebut pada 2021 silam.

Menurut Budiman, sampai hari ini proyek Bukit Algoritma terus berjalan. Namun, pembangunannya tidak bisa secepat seperti yang direncanakan sebelumnya.

"Proyek Bukit Algoritma masih berjalan, gak mandek, masih berlangsung. Sekarang sudah ada investor dari Eropa, dari Prancis," ucap Budiman kepada IDN Times, Rabu (26/7/2023).

Baca Juga: Hasto PDIP Sindir Pertemuan Prabowo dan Budiman Sudjatmiko

1. Fokus pengembangan Bukit Algoritma

ilustrasi dekarbonisasi. (enelgreenpower.com)

Bukit Algoritma yang diinisiasi oleh Kiniku Bintang Raya KSO dan dibangun oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang konstruksi PT Amarta Karya (AMKA) saat ini tengah mengalihkan fokus ke dekarbonisasi.

Namun, Budiman selaku Ketua Pelaksana Kiniku Bintang Raya KSO memastikan pengembangan infrastruktur teknologi informasinya juga terus berjalan.

"Sekarang, memang fokus pada dekarbonisasi. Tapi, infrastruktur IT-nya juga tengah dikembangkan. Ini kan karena proyek inovasi yang memang besar jadi gak bisa kayak bisnis yang apa-apanya mau cepat," ujar dia.

2. Lokasinya masih tidak berubah

IDN Times/Margith Juita Damanik

Selain itu, Budiman juga memastikan lokasi pembangunan proyek Bukit Algoritma tidak berubah dari rencana awal. Pembangunan Bukit Algoritma mengambil lokasi di sebuah lahan di wilayah Sukabumi, tepatnya di Cikijang dan Cibadak.

Adapun lahan seluas 888 hektare disiapkan untuk pembangunan kawasan yang terdiri atas perusahaan startup dan fasilitas teknologi seperti laboratorium energi kuantum, kecerdasan buatan, teknologi nano, bioteknologi untuk pertanian dan kesehatan, serta teknologi baterai dan energi terbarukan.

"Lokasi masih belum berubah ya. Sekarang masih terus dikembangan infrastrukturnya," kata Budiman.

Baca Juga: Budiman Sudjatmiko Siap Dipanggil PDIP Usai Temui Prabowo

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya