TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Raih Profit di Tengah Digitalisasi, Aruna Fokus Kembangkan SDM

SDM memegang kunci penting dalam bisnis Aruna

Aruna hadir menjadi pembicara dalam G20 Summit di Bali (dok. Aruna)

Jakarta IDN Times - Di tengah era digitalisasi pasca pandemik COVID-19, Aruna tetap berkomitmen dalam mengembangkan aspek People di dalam bisnisnya. Adapun aspek People tersebut adalah nelayan-nelayan yang tergabung di dalam Aruna.

Hal itu disampaikan Co-Founder dan Chief Sustainability Aruna, Utari Octavianty kala menghadiri G20 Summit di Nusa Dua Bali, pada 2 hingga 4 September 2022.

"People menjadi landasan utama karena apabila teredukasi dengan tepat, hal ini tentu akan membantu mereka, nelayan Aruna khususnya, untuk dapat memikirkan hal-hal substansial lain, seperti hubungan interpersonal mereka dengan nelayan lain, misalnya, serta keberlangsungan bisnis mereka hingga masa yang akan datang," kata Utari, dalam pernyataan resmi yang diterima IDN Times, Senin (5/9/2022).

Baca Juga: Aruna Ekspor 14 Ton Tuna Segar dari Sulawesi ke Amerika

1. Profit dimulai dari People

Startup perikanan asal Indonesia, Aruna (dok. Aruna)

Utari menambahkan, komitmen Aruna pada dasarnya memprioritaskan tiga aspek, yakni People, Profit, dan Planet.

Sebelum menghasilkan Profit, Utari meyakini People atau sumber daya manusia (SDM) mesti jadi poros utamanya.

"People adalah main actor. Untuk itu, Aruna terus mengedukasi Nelayan Aruna mengenai teknik penangkapan komoditas laut secara bertanggung jawab dan berkelanjutan melalui program rutin Aruna," ucap Utari.

Aruna, sambung Utari, juga mengajak para nelayan untuk menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan dan tidak menangkap komoditas yang belum memenuhi syarat tangkap.

Baca Juga: Aruna Kenalkan Produk Ekspor Unggulan Laut lewat Food Hotel Indonesia

2. Penggunaan teknologi di Aruna

Startup perikanan asal Indonesia, Aruna (dok. Aruna)

Di samping itu, dari sisi teknologi, Utari mengatakan Aruna mendorong para karyawannya untuk terus mengembangkan dan menyajikan teknologi digital yang dapat mempermudah proses traceability komoditas di level global.

"Kami juga menghadirkan Local Heroes sebagai representatif Aruna di lapangan untuk membantu penetrasinya ke nelayan Aruna," katanya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya