TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tips Memilih Partner Bisnis dari Pendiri Anomali Coffee dan Burgreens

Jangan sampai salah pilih rekan bisnis ya!

Ilustrasi Bisnis. (IDN Times/Aditya Pratama)

Jakarta, IDN Times - Rekan dalam berbisnis kerap memegang peranan penting dalam usaha kita merilis sebuah bisnis atau usaha baru. Kehadiran rekan bisnis biasanya mampu memicu kita untuk berjuang lebih kuat agar sukses menjalankan sebuah bisnis.

Oleh sebab itu, diperlukan rekan bisnis yang memang bisa bekerja sama dengan kita agar bisnis yang hendak dimulai bisa berjalan dengan baik dan juga bertahan lama.

Co-Founder sekaligus Direktur Anomali Coffee dan Pipiltin Cocoa, Irvan Helmi dan Co-Founder merangkap CEO Burgreens serta Green Rebel, Helga Angelina Tjahjadi pun mengungkapkan sejumlah tips dan trik memilih rekan atau partner bisnis berdasarkan pengalaman mereka masing-masing.

Tips memilih rekan bisnis ini disampaikan Irvan dan Helga kala menjadi pembicara dalam ShopeePay Talk Volume 13 dengan tema 'Strategi Memilih Rekan Bisnis yang Tepat agar Bisnis Makin Langgeng' yang digelar secara virtual, Selasa (19/10/2021).

1. Memiliki kerendahan hati

ShopeePay Talk Volume 13 dengan tema 'Strategi Memilih Rekan Bisnis yang Tepat agar Bisnis Makin Langgeng' yang digelar secara virtual, Selasa (19/10/2021) (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Tips pertama memilih rekan bisnis dari Irvan adalah cari yang memiliki kerendahan hati. Hal tersebut diterapkannya ketika mendirikan Anomali Cofee bersama sahabatnya.

Irvan mengakui bahwa dirinya dan sahabatnya tersebut memiliki kepribadian yang sangat berbeda satu sama lain. Namun, kerendahan hati antara dia dan sahabatnya menjadi kunci bagi Anomali Coffee untuk tetap berdiri sampai saat ini.

"Dengan kerendahan hati, otak kita bisa bekerja dengan baik dan kita tentunya bisa saling mengisi ketika diskusi. Dengan rendah hati juga, ego dalam diri masing-masing bisa ditekan agar tidak dominan," kata Irvan.

2. Memiliki komitmen yang sama dalam berbisnis

Ilustrasi Bisnis. (IDN Times/Aditya Pratama)

Tips kedua memilih rekan bisnis datang dari Helga. Menurut dia, seorang partner atau rekan bisnis yang baik adalah jika memiliki komitmen sama dalam berbisnis.

Komitmen ini berkaitan dengan berapa banyak energi yang disiapkan untuk menjalankan bisnis. Dalam pengalamannya, Helga pernah menjalankan bisnis dengan partner atau rekan yang komitmennya tidak sebesar dia.

Hal itu kemudian merusak jalannya bisnis karena tidak seimbang energi yang diberikan antara satu sama lain.

"Jadi, penting sebuah komitmen berapa banyak energi yang bakal diberikan ke bisnis itu dibicarakan dari awal. Jangan sampai satu orang ngasih komitmen dan energi lebih besar ketimbang yang lainnya," kata Helga.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya