TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Warga Mimika Keluhkan Harga Gas LPG Naik Lagi

Harga gas LPG 12 kg mencapai Rp355 ribu

Dua orang pekerja sedang membersihkan tabung gas LPG berukuran 12 kg IDN Times/ Ricky Lodar

Timika, IDN Times - Harga tabung gas LPG ukuran 5,5 kg dan 12 kg di Mimika, Papua, mengalami kenaikan Rp15 ribu hingga 25 ribu, sehingga harga per tabung mencapai Rp350 ribu.

Distributor menaikkan harga LPG berdasarkan surat edaran Pertamina Nomor 518/PNDB00000/2022-S3, dengan lampiran harga jual LPG Non PSO Rumah Tangga TMT 10 Juli 2022.

"Kenaikan harga ini memang dari Pertamina sendiri yang kasih naik harga tebusnya," kata Diana, admin PT Mitra Indimatam Nusantara, agen LPG Pertamina, saat ditemui di kantornya di Jalan Yos Sudarso, Timika, Papua, Selasa (19/7/2022).

Diana menjelaskan, pasca-surat ke luar dari Pertamina, PT Mitra Indimatam Nusantara yang merupakan agen resmi Pertamina, menaikkan harga per tabung gas berukuran 5,5 kg yang sebelumnya dijual Rp195 ribu per tabung, kini naik menjadi Rp205 ribu per tabung, atau mengalami kenaikan Rp15 ribu.

Sedangkan tabung gas LPG ukuran 12 kg yang semula dijual Rp335 ribu per tabung, kini dijual untuk awal Rp355 ribu per tabung. 

"Mungkin juga harga BBM yang lain naik, bukan kenaikan harga karena ekspedisi," kata Diana. 

Baca Juga: Harga Pangan Pokok dan Gas Dunia Meroket, Joe Biden Salahkan Putin

1. Pemberlakuan harga LPG yang baru sejak 10 Juli 2022

Surat edaran Pertamina terkait kenaikan harga LPG

Pemberlakuan harga baru gas LPG berdasarkan surat edaran Pertamina tertanggal 10 Juli 2022, namun Indimatam belum menaikkan harga lantaran stok lama masih ada, sehingga harga baru akan diberlakukan mulai 16 Juli.

"Sebenarnya ketetapan dari Pertamina itu 10 Juli, tapi karena kami masih menjual stok yang lama jadi kita kasih harga lama," ujar Diana.

Baca Juga: Harga LPG 3 kg Tetap, Meski Harga Minyak Dunia Melambung

2. Stok LPG bisa memenuhi kebutuhan masyarakat untuk beberapa pekan ke depan

Ketersediaan tabung gas LPG di gudang PT Indimatam IDN Times/ Ricky Lodar

Sementara, saat disinggung ketersediaan stok tabung LPG, kata Diana, hingga saat ini masih bisa mencukupi permintaan masyarakat sampai beberapa minggu ke depan. Tentunya akan disesuaikan dengan waktu pengiriman tabung gas dari Makassar ke Timika.

"Alhamdulillah, di sini setiap bulan kita bisa 5 sampai 6 ribu tabung, kalau agak banyak itu yang 12 kg, stok yang ada tergantung waktu pengiriman dari Makassar dan juga ketersediaannya," ungkapnya. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya