TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ini Daftar 5 Negara Paling Korup di Asia Versi Majalah Forbes

Ada Indonesia gak, ya?

http://venturesafrica.com/

Tinggal di suatu negara yang memiliki potensi sumber daya alam yang besar, tentunya menjadi bagian terpenting atau hal yang perlu kita banggakan, mengingat tak banyak negara yang memiliki potensi sumber daya alam yang besar.

Lebih hebatnya lagi, apabila negara tersebut mampu memanfaatkan sumber daya alam tersebut dengan benar. Namun, hal itu tentunya akan mudah terwujud apabila negara tersebut memiliki kualitas sumber daya manusia yang bagus.

Tapi, bagaimana jika sebaliknya? Suatu negara tersebut memiliki kualitas sumber daya manusia yang rendah. Hal itu akan berdampak timbulnya berbagai kasus-kasus penyimpangan sosial. Salah satu contohnya yang akan terjadi, yaitu "Korupsi". Karena itu, belum lama ini Forbes merilis daftar 5 negara paling korup di Asia. Ini, nih negara-negara paling korup yang masuk 5 besar.

5. Myanmar.

http://www.aljazeera.com/

Di peringkat kelima sebagai negara paling korup di Asia, ditempati oleh Myanmar dengan nilai tingkat suap sekitar 40%. Hal ini diungkapkan oleh setengah responden yang percaya bahwa sebagian besar atau semua polisi korup, dan 40% percaya bahwa pengadilan di negara Myanmar korup.

4. Pakistan.

https://www.voaindonesia.com/

Di peringkat keempat sebagai negara paling korup di Asia, ditempati oleh Pakistan dengan nilai tingkat suap sekitar 40%.

Sekitar tiga perempat responden di Pakistan menganggap sebagian besar atau seluruh polisi korup. Dari orang-orang yang ditemui, baik polisi atau pengadilan, hampir 7 dari 10 harus membayar sogokan.

3. Thailand.

http://www.aim.org/

Di peringkat ketiga sebagai negara paling korup di Asia, ditempati oleh Thailand dengan nilai tingkat suap sekitar 41%. Beberapa hal tengah dilakukan oleh pemerintah Thailand dalam rangka memberantas korupsi di semua tingkat, bahkan pejabat pemerintah.

Orang-orang Thailand berpendapat bahwa hanya sekitar 14% yang merasa korupsi meningkat dalam 12 bulan terakhir, dan hampir 72% berpikir pemerintah menangani perang melawan korupsi dengan baik.

2. Vietnam.

https://news.okezone.com/

Di peringkat kedua sebagai negara paling korup di Asia, ditempati oleh Vietnam dengan nilai tingkat suap sekitar 65%.

Sekitar 60% responden orang Vietnam merasa pemerintah mereka melakukan pekerjaan yang buruk dalam memerangi korupsi.
 

Verified Writer

Stefan Kevin Apouw

Menulislah dengan segenap hatimu, hiburlah orang lain lewat tulisanmu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya