TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kartu Prakerja Gelombang 4 Segera Dibuka, Ini Kata Airlangga

Janjinya, dibuka akhir Juli

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (ANTARA News/Jakarta, Jumat (6/3/2020). ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga)

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah akan segera membuka program Kartu Prakerja gelombang keempat. Namun, ia tidak memberitahu detail kapan Kartu Prakerja gelombang 4 dibuka.

"Kartu Prakerja gelombang 4 akan segera dimulai offline dan online dengan anggaran dipercepat," kata Airlangga dalam keterangan persnya di channel YouTube Sekretariat Kabinet RI, Senin (27/7/2020).

Baca Juga: Perpres Diteken Jokowi, Bos Kartu Prakerja Dapat Gaji Rp77 Juta

1. Kartu Prakerja gelombang 4 akan dibuka untuk 500 ribu peserta

(Ilustrasi tampilan aplikasi kartu prakerja) ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Sebelumnya, meski menuai kontroversi, pemerintah melalui Komite Cipta Kerja memutuskan akan membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang IV pada akhir Juli 2020. Dengan demikian, program andalan Presiden Jokowi ini akan terus berlanjut.

"Ke depannya bisa kita jalankan bersama-sama yang mudah-mudahan bisa lebih baik. Kita harapkan batch 4 bisa dibuka akhir Juli," kata Sekretaris Menko Perekonomian Susiwijono Moegiarso dalam konferensi pers di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (13/7/2020).

Susi menambahkan, untuk gelombang 4 akan dibuka untuk 500 ribu peserta. Nantinya, pihak PMO Kartu Prakerja akan memprioritaskan para pekerja terdampak.

"Kemudian memberikan prioritas terdampak yang masuk whitelist Kemenaker," tuturnya.

2. Kartu Prakerja gelombang 4 akan dibuka minggu ke-4 Juli 2020

(Anggaran kartu prakerja dari Kemenko Perekonomian) IDN Times/Arief Rahmat

Senada dengan Susi, Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja, Rudy Salahuddin mengatakan bahwa pembukaan Kartu Prakerja gelombang 4 akan dilakukan pada minggu ke-4 bulan Juli. Pembukaan dilakukan setelah pihaknya menyelesaikan verifikasi terkait pelaksanaan Kartu Prakerja,

"Pembukaan batch 4 kembali setelah mendapatkan hasil verifikasi terkait pelaksanaan batch 1 sampai 3 terkait pembayaran lembaga pelatihan," ungkapnya.

Baca Juga: Paket Pelatihan Kartu Prakerja Disetop, Apa Dampaknya bagi Peserta?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya