TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Perbedaan Barang Bebas dan Barang Ekonomi, Ini Contohnya

Pasti sudah tidak asing dengan barangnya

ilustrasi harga barang (pexels.com/Alexandr Podvalny)

Ketika membeli barang, pasti kamu pernah mendengar istilah barang bebas dan barang ekonomi, kan? Sejauh pemahamanmu, kira-kira, kamu tahu gak apa perbedaan di antara keduanya?

Nah, jika tertarik mengetahui perbedaan barang bebas dan barang ekonomi, yuk simak ulasan berikut. Ada contohnya juga, lho!

Baca Juga: 3 Kegiatan untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Apa itu barang bebas?

ilustrasi aliran sungai (pexels.com/Pictures Of Scotland)

Barang bebas atau free goods adalah barang yang tersedia dalam jumlah tidak terbatas dan bisa digunakan siapa saja secara gratis. Barang bebas tidak memerlukan upaya atau biaya dalam pemenuhannya.

Biasanya, barang bebas banyak ditemukan di alam. Contohnya air, sinar matahari, udara, dan angin. Mengingat ketersediaannya tidak terbatas dan gratis, maka permintaan terhadap barang bebas tidak dapat ditentukan.

Apa itu barang ekonomi?

ilustrasi gerai pakaian (pexels.com/ Mart Production)

Adapun barang ekonomi adalah barang yang memiliki nilai dan memerlukan upaya atau biaya dalam pemenuhannya. Barang ekonomi ada dua jenis, yaitu barang konsumsi dan barang produksi.

Barang konsumsi dibeli oleh konsumen untuk memuaskan kebutuhan, contohnya pakaian, makanan, dan gadget. Sementara, barang produksi digunakan untuk kegiatan produksi, misalnya mesin, bahan baku, dan lahan.

Baca Juga: Jokowi Ulang Tahun Ke-62, Bahlil: Pemerataan Ekonomi Begitu Terasa

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya