TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Menhub Cek Harga Tiket Pesawat, Ada Maskapai yang Bandel?

Masih terpantau wajar

Ilustrasi Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). (Dok. Angkasa Pura II)

Jakarta, IDN Times - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau pemberlakuan harga tiket pesawat untuk memastikan tidak melebihi tarif batas atas (TBA) yang telah ditetapkan.

Dalam memastikan hal tersebut, Menhub mendatangi langsung Bandara Ahmad Yani dan Bandara YIA di Yogyakarta pada Jumat (21/4/2023). Dalam kunjungannya, dia menanyakan harga tiket yang dibeli masyarakat.

"Dari interaksi saya dengan beberapa penumpang, mereka semuanya membeli tiket di bawah tarif batas atas. Alhamdulillah tidak ada yang membeli melebih batas atas," kata Budi dalam keterangannya, dikutip Sabtu (22/4/2023).

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada operator transportasi yang menjalankan imbauan dari pemerintah, bahkan ada yang menjual tiket jauh di bawah batas atas.

Baca Juga: Kereta Jadi Favorit Pemudik, Erick: Yang Mampu Bisa Naik Pesawat

Baca Juga: AP I Ungkap Pesawat yang Terbang saat Mudik Lebaran 2023 Lebih Sedikit

1. Pemerintah berupaya pastikan lonjakan penumpang tetap terkendali

Ilustrasi bandara. (Dok. Angkasa Pura II)

Budi menyampaikan, situasi pergerakan penumpang di Stasiun dan Bandara baik di Semarang maupun di Yogyakarta pada H-1, masih ramai tetapi tidak sepadat hari sebelumnya.

Kata dia, jumlah pemudik pada tahun ini melonjak tinggi. Tapi, pemerintah bersama pemangku kepentingan terkait berupaya mengkoordinasikan lonjakan yang terjadi, sehingga kepadatan di stasiun dan bandara masih tetap terkendali.

“Banyak sekali yang mudik pada tahun ini. Hal ini menunjukkan bahwa perekonomian makin maju dan ini bisa menggerakan ekonomi di daerah-daerah. Saya sampaikan terima kasih kepada PT KAI, Angkasa Pura, maskapai penerbangan, dan operator transportasi lainnya yang telah bekerja keras untuk mewujudkan mudik yang aman dan berkesan,” tutur Menhub.

Baca Juga: Maskapai Kena Sanksi Gegara Jual Tiket Pesawat Kemahalan

2. Menhub wanti-wanti puncak arus balik

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (dok. BKIP Kemenhub)

Menhub Budi turut mewanti-wanti pergerakan penumpang dan kendaraan yang akan kembali terjadi pada arus balik, yang puncaknya diprediksi akan terjadi pada Senin, 24 dan Selasa, 25 April 2023.

“Jangan lakukan perjalanan balik di hari Senin atau Selasa (24 dan 25 April 2023), tapi sebelum atau setelahnya di hari Rabu, Kamis atau Jumat,” sebutnya.

Guna memecah kepadatan di puncak arus balik, sejumlah upaya yang disiapkan pemerintah, yaitu memberikan diskon tarif tol di beberapa ruas tertentu dan memberikan diskon tarif angkutan umum, di tanggal-tanggal di luar hari puncak arus balik.

“Saya mengapresiasi yang dilakukan Gubernur Jateng yang menyelenggarakan program mudik balik gratis dengan bus dan kereta api di tanggal 29 April atau setelah tanggal puncak arus balik. Mudah-mudahan upaya ini dapat melancarkan arus balik nanti,” tambahnya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya