TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kemenkeu Respons Rating Terbaru dari Fitch: Ekonomi Stabil

Peringkat utang RI tetap di level BBB

Ilustrasi pertumbuhan bisnis. (IDN Times/Aditya Pratama)

Jakarta, IDN Times - Kementerian Keuangan mengklaim keputusan dari Lembaga pemeringkat utang, Fitch Ratings, yang mempertahankan peringkat kredit Indonesia pada posisi BBB dengan prospek stabil, Jumat (15/3/2024), menunjukkan kesuksesan Indonesia dalam mencapai konsolidasi fiskal cepat.

"Ini didukung oleh pertumbuhan pendapatan yang solid, kebijakan yang terkalibrasi dengan baik, serta stabilitas ekonomi dan kondisi eksternal stabil, pascapandemi COVID-19," ungkap Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Deni Surjantoro, dalam keterangannya Rabu (20/3/2024). 

1. Pemerintah janji jaga fiskal tetap sehat

ilustrasi APBN (IDN Times/Aditya Pratama)

Ke depan, pemerintah akan menerapkan kebijakan fiskal yang sehat dan berkelanjutan, serta tetap mewaspadai berbagai risiko global.

"Pemerintah juga terus berkomitmen dalam melindungi daya beli masyarakat, mengendalikan inflasi, dan mempertahankan momentum pemulihan ekonomi," ujarnya.

Baca Juga: Fitch Pertahankan Peringkat Utang RI, Ini Pertimbangannya

2. Fitch menilai ekonomi Indonesia tetap positif hingga jangka menengah

ilustrasi APBN (IDN Times/Aditya Pratama)

Dalam laporan Fitch, prospek ekonomi Indonesia dinilai tetap positif dalam jangka menengah, didukung oleh stabilitas ekonomi dan rasio utang pemerintah relatif rendah terhadap produk domestik bruto (PDB). Indonesia juga dianggap mampu menjaga stabilitas makroekonomi dalam jangka pendek.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya