TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

AP II Bidik 1 Juta Penumpang Jemaah Umrah Tahun Ini 

Ada lounge khusus jemaah umrah di Bandara Soekarno-Hatta

Ilustrasi keberangkatan calon jemaah umrah. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Jakarta, IDN Times - PT Angkasa Pura (AP) II memprediksi pergerakan jemaah umrah di bandara-bandara yang mereka kelola mencapai 1 juta jemaah tahun ini atau meningkat dua kali lipat dari tahun 2022.

President Director AP II, Muhammad Awaluddin, mengatakan Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Kualanamu akan melayani penerbangan umrah terbanyak tahun ini.

"Bandara yang paling banyak melayani perjalanan umrah masih di Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Kualanamu, di samping juga ada bandara-bandara AP II lainnya yang melayani penerbangan bagi jemaah umrah,” kata Awaluddin dikutip dari keterangan resmi, Senin (13/2/2023).

Baca Juga: Erick Thohir Ungkap Perkembangan Merger Angkasa Pura I dan II

1. AP II layani 547 ribu jemaah umrah tahun lalu

Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Sepanjang 2022, Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Kualanamu secara kumulatif melayani penerbangan sekitar 547 ribu jemaah umrah.

Dari angka tersebut, 80 persen penumpang dilayani melalui Bandara Soekarno-Hatta, dan 20 persen di Bandara Kualanamu.

2. Kapasitas penumpang di Terminal Bandara Soekarno-Hatta telah diseimbangkan agar tak menumpuk

Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. (dok. Angkasa Pura II)

Awaluddin mengatakan pihaknya melakukan peningkatan pelayanan untuk penerbangan umrah. Salah satu upaya peningkatan layanan adalah penyeimbangan kapasitas terminal di Bandara Soekarno-Hatta, di mana penerbangan umrah oleh Lion Air Group dilakukan melalui Terminal 2, dan penerbangan oleh maskapai lain melalui Terminal 3.

“Peningkatan perjalanan atau penerbangan umrah harus diikuti dengan peningkatan standar layanan bagi para jemaah. Ini yang tengah kami siapkan, supaya jemaah merasa nyaman dalam beribadah dan menuju Tanah Suci,” ujar Awaluddin.

Adapun di Bandara Soekarno-Hatta, sebagai alternatif layanan saat ini telah dibuka lounge khusus umrah yang terletak di area GCC. Lounge umrah menyediakan layanan lengkap termasuk memproses keberangkatan dan kedatangan menuju Tanah Suci.

Lounge umrah di Bandara Soekarno-Hatta juga memiliki area luas untuk mengakomodir jemaah umrah beserta pengantar atau penjemput, serta dilengkapi berbagai fasilitas seperti musholla, wifi, Flight Information Data System (FIDS), ruang mandi, ATM, dan gerai makanan dan minuman.

Baca Juga: WNI Diduga Lecehkan saat Umrah, Kemenag Serahkan ke Kemenlu

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya