TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jelang Lebaran, Poin Reward bisa Jadi THR buat Pelanggan Lho!

Poin reward cara tingkatkan loyalitas dan kesetiaan konsumen

ilustrasi THR (IDN Times/Aditya Pratama)

Jakarta, IDN Times - Poin reward untuk pelanggan kerap kali tak dianggap penting. Padahal, poin reward bisa diberikan dengan berbagai cara demi meningkatkan kesetiaan dan loyalitas pelanggan.

Mengapa poin reward penting? Dilansir Accurate, Jumat (16/4/2022), biasanya biaya yang dikeluarkan pengusaha dalam melayani pelanggan setia akan menurun. Sebab, pelanggan terus memberikan kontribusi pada perkembangan bisnis.

Tak hanya itu, pelanggan yang setia pun akan mau untuk berbelanja lebih banyak, membayar harga yang lebih mahal, bahkan merekomendasikan bisnis kamu pada orang-orang di sekitar mereka.

Agar lebih menarik, poin reward bisa diberikan dalam bentuk yang beragam, yang bisa meningkatkan apresiasi pelanggan terhadap balasan yang diberikan.

Baca Juga: Pelita Air Service Siap Masuki Bisnis Penerbangan Regular

1. Poin reward diberikan sebagai kejutan seperti THR

ilustrasi THR (IDN Times/Aditya Pratama)

Jelang Lebaran ini, pebisnis bisa memberikan kejutan kepada pelanggan dari poin reward yang sudah terkumpul. Agar menjadi kejutan, berikanlah poin reward itu dalam bentuk tunjangan hari raya (THR).

Sebagai contoh, kualifikasi untuk mendapatkan THR dalam bentuk poin reward adalah menjadi member selama maksimal dua tahun. Dengan demikian, kamu bisa langsung memberikan poin dengan cara mengirim email pemberitahuan, terlepas dari ada ataupun tidaknya kegiatan transaksi yang dilakukan pelanggan menjelang hari raya Lebaran.

Cara itu tentu akan mempererat hubungan atau emosi khusus dengan pelanggan, karena pelanggan merasa diapresiasi.2. Memberikan Poin Pada Pelanggan Setiap Terjadi Transaksi

Sistem ini menjadi salah satu cara yang umum digunakan di setiap perusahaan. Kenapa? Karena sistem ini bisa dilakukan secara mudah, pelanggan hanya harus melakukan transaksi yang lebih banyak agar bisa mendapatkan poin yang tinggi.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bulan Ramadhan sebentar lagi akan tiba. Untuk itu, manfaatkanlah momen tersebut untuk membangun loyalitas pelanggan yang lebih solid.

Anda bisa memberikan poin yang relatif lebih besar daripada biasanya pada para anggota yang sudah melakukan transaksi dalam nominal tertentu menjelang hari raya Lebaran nanti. Buatlah judul kampanye yang mampu menyita perhatian dan juga mendorong pelanggan untuk bisa bertindak.

Misalnya, Anda bisa menamai kampanye poin reward selama bulan Ramadhan dengan ;gebyar poin tunjangan hari raya'. Kita semua tentu tahu bahwa THR menjadi seperti euforia tertentu, karena sudah menjadi tradisi yang sangat kekar sekali di tengah-tengah masyarakat.

Baca Juga: 3 Cara Mengenali Pesan Mencurigakan dari Bank, Biar Gak Ketipu! 

2. Pelanggan diberi poin dalam setiap transaksi

Ilustrasi Belanja E-commerce (IDN Times/Arief Rahmat)

Pada umumnya, poin diberikan pada pelanggan yang rutin melakukan transaksi di bisnis kamu. Nantinya, poin yang sudah terkumpul bisa diutamakan untuk dicairkan pelanggan.

Kamu juga bisa memberikan poin yang relatif lebih besar daripada biasanya pada para anggota yang sudah melakukan transaksi dalam nominal tertentu menjelang hari raya Lebaran nanti. Mulailah dengan membuat judul kampanye yang mampu menyita perhatian dan juga mendorong pelanggan untuk bisa bertindak.

Contoh, kampanye poin reward selama bulan Ramadan dinamai 'Gebyar Poin Tunjangan Hari Raya'. Tentu kampanye itu bisa menggaet masyarakat.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya