TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Polusi Udara DKI Makin Ngeri, Menhub  Ajak Beralih ke Motor Listrik

Kualitas udara di DKI terburuk di dunia

Ragam jenis sepeda motor listri. (dok. Kemenhub)

Jakarta, IDN Times - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengajak masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik, termasuk sepeda motor listrik.

Budi sendiri menyoroti polusi udara di DKI Jakarta yang makin parah. Menurutnya, kendaraan listrik dapat membantu terciptanya kualitas udara yang lebih baik, khususnya di wilayah perkotaan seperti Jakarta.

"Kami mengajak masyarakat beralih menggunakan kendaraan listrik. Kalau penggunaannya menjadi masif, diharapkan dapat menurunkan polusi yang terjadi di kota-kota besar," ujar Budi saat mengikuti Fun Ride yang diadakan oleh Asosiasi Industri Sepada Motor Listrik Indonesia (Aismoli) di Jakarta, Minggu (13/8/2023), yang dikutip dari keterangan resmi.

Baca Juga: Polusi Udara di Jakarta Buruk, Segera Sahkan Pergub Udara Bersih!

1. Polusi meningkat seiring dengan aktivitas masyarakat yang kembali normal

Ilustrasi polusi udara (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Budi mengatakan, peningkatan polusi udara di Jakarta seiring dengan aktivitas masyarakat yang sudah kembali normal pasca-pandemik COVID-19.

"Saya hanya mengingatkan saja bahwa kontribusi kendaraan bermotor bahan bakar fosil terhadap polusi udara itu lebih dari 50 persen," kata Budi.

2. Masyarakat bisa konversi sepeda motornya jadi motor listrik

Sepeda motor hasil konversi dari berbahan bakar fosil menjadi berbasis baterai kendaraan listrik. (dok. Kemenhub)

Budi mengatakan, pemerintah saat ini mendorong industri sepeda motor listrik baik kendaraan baru maupun konversi. Namun, untuk menjaga aspek keselamatan motor listrik hasil konversi, Kementerian Perhubungan telah menerbitkan Permenhub Nomor PM 39 Tahun 2023 tentang Konversi Sepeda Motor Dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai.

Kebijakan tersebut merupakan bagian dari upaya percepatan peningkatan ekosistem sepeda motor listrik melalui peningkatan pelayanan pengujian tipe sepeda motor konversi.

"Mengapa konversi, jadi kalau motor listrik baru itu bagus. Tetapi kalau konversi, kami berupaya mengubah dari motor BBM yang sudah ada dan jumlahnya sangat banyak," ucap Budi.

Baca Juga: Polusi Udara Jakarta Makin Ngeri, Pemprov DKI Akan Keluarkan Ingub 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya