TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Respons Menhub Usai 'Ditegur' Jokowi soal Tiket Pesawat Mahal

Menhub minta Pemda beri subsidi harga tiket pesawat

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (dephub.go.id)

Jakarta, IDN Times - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi merespons 'teguran' Presiden Joko "Jokowi" Widodo terkait harga tiket pesawat yang mahal.

Budi mengatakan pihaknya tengah mengupayakan agar harga tiket pesawat bisa turun dengan sejumlah instansi, termasuk pemerintah daerah (Pemda).

“Menindaklanjuti arahan bapak Presiden, kami telah dan akan membahasnya lebih detail dan intensif dengan sejumlah pemangku kepentingan, termasuk dengan pemerintah daerah," kata Budi dikutip dari keterangan resminya, Jumat (19/8/2022).

Baca Juga: Tiket Pesawat Mahal, Jokowi: Saya Perintah Segera Selesaikan

Baca Juga: Tiket Pesawat Mahal, Pemerintah Tak Mungkin Beri Subsidi dari APBN

1. Budi minta Pemda bantu subsidi komponen harga tiket pesawat

Sejumlah pesawat dari berbagai maskapai parkir di Apron Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat, 7 Mei 2021. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Selain itu, dia juga telah meminta Pemda bisa memberikan subsidi pada komponen-komponen dalam harga tiket pesawat, sehingga harganya bisa turun.

"Harga avtur memang mengakibatkan harga tiket naik, tetapi ada strategi pengelolaan yang harus dikoordinasikan secara detail sehingga harga tiket bisa tetap terkendali dan tidak memberikan efek kenaikan inflasi yang terlalu tinggi,” ujar Budi.

2. Okupansi pesawat masih rendah di beberapa daerah

Ilustrasi warga negara asing menjadi penumpang pesawat terbang di bandara. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Menurut Budi, di beberapa daerah, tingkat keterisian (okupansi) pesawat hanya 50 persen, atau bahkan kurang dari itu. Maka itu, dia mendorong Pemda untuk memberikan subsidi dan juga turut memasarkan, agar okupansi penumpang pesawat meningkat.

“Kalau tingkat keterisian bisa naik maka harga akan terkendali, karena harga tiket berbanding lurus dengan tingkat keterisian,” tutur Budi.

Baca Juga: Harga Tiket Pesawat Melonjak, Sandi Klaim Jumlah Turis Malah Naik

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya