TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Sederhana untuk Menambah Banyak Penghasilan di Usia Muda

Bikin dirimu lebih produktif yuk!

unsplash.com/johnschno

Meski berstatus sebagai seorang pekerja terkadang kebutuhan yang diperlukan tidak bisa sepenuhnya ditanggung oleh gaji, maka dari itu banyak sekali karyawan yang rela menambah jam kerja mereka untuk sekadar memenuhi kebutuhan tersebut.

Nah, jika kamu termasuk salah satu dari mereka dan sedang dalam keadaan bingung harus bagaimana, kamu bisa coba beberapa trik sederhana berikut ini.

1. Usaha sampingan di rumah

unsplash.com/glenncarstenspeters

Kamu pernah melihat seorang pekerja memiliki tempat jajanan atau warung kecil di halaman rumah mereka? Kamu bisa menerapkan trik tersebut jika mau. Selain usaha jenis ini termasuk mudah, kamu juga bisa meminta bantuan saudara atau orang rumah untuk ikut menjaga usaha tersebut. Meski tidak besar, biasanya penghasilan dari usaha ini cukup membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga: Jangan Disepelekan, Ini 5 Tanda Keuangan Kamu Sedang Bermasalah!

2. Online shop

unsplash.com/dylu

Online shop menjadi salah satu bisnis menjanjikan di era digital ini. Tidak perlu susah-susah mencari modal, dengan trik dropshipper atau reseller, kamu sudah bisa membuka online shop sendiri.

Cara paling mudah untuk memulai menjadi seorang pemilik online shop adalah kamu bisa menawarkan kepada tetangga atau teman bahkan keluarga barang-barang yang ingin kamu jual dengan harga yang terjangkau.

3. Investasi kecil

unsplash.com/kellysikkema

Untuk tips satu ini akan lebih bermanfaat jika kamu berniat untuk menyisihkan uang namun dengan harapan nominal bisa bertambah.

Disarankan kamu mengikuti investasi kecil yang terpercaya sebelum memutuskan untuk berinvestasi dengan nominal yang besar ya. Tenang, saat ini banyak sekali platform yang menawarkan investasi mulai dari nilai terendah yakni 100 ribu. Biasakan bertanya-tanya kepada ahli sebelum memutuskan untuk terjun ya!

4. Hobi yang dibayar

unsplash.com/thomasw

Apabila kamu punya beberapa hobi atau bakat yang bisa dijual, jangan sungkan untuk menawarkannya kepada kerabat atau teman. Misal kamu merasa jago di bidang fotografi, merias, atau menulis, kamu bisa menjadi seorang photographer dalam acara pre-wedding atau foto untuk bahan endorse. Semua itu bisa kamu lakukan dengan hati namun tetap menghasilkan uang sebagai bentuk balas budi.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Mengatur Keuangan untuk Kamu yang Bekerja Freelance

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya