TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sebelum Mulai Bisnis, Pastikan Kamu Lakukan 7 Tips Ini!

Selamat bejuang di dunia bisnis, kawan...

Pixabay.com/Free-Photos

Membangun bisnis bukanlah hal yang gampang. Oleh karenanya, kita harus rela jatuh bangun sepanjang jalannya. Apabila kamu ingin menjalankan bisnis, berikut 7 tips yang mesti kamu baca.

1. Pilih usaha sesuai kecenderungan

Pixabay.com/Free-Photos

Sebagai manusia yang punya keterbatasan, terkadang kita dibingungkan dengan pilihan berbagai bidang usaha. Mulai bisnis penjualan, penyediaan barang, jasa dan sebagainya. Nah, di sini yang harus kita lakukan adalah mencari tahu apa yang menjadi kecendrungan kita, bila sudah agak cobdong terhadap suatu bidang.

Maka tekunilah bidang tersebut dengan percaya diri dan penuh keikhlasan dan kesabaran. Karena dengan keikhlasan dan kesabaran akan menolong setiap pekerjaan.

2. Pasang niat yang kuat

Pixabay.com/ToNics-Pics

Bicara soal niat, yang kita pikirkan seharusnya bukanlah bagaimana saya menjalankan bisnis, akan tetapi mengapa saya berbisnis. Karena hal itulah yang menentukan niat kita berbisnis, untuk apa saya berbisnis, dan akan dikemanakan hasilnya.

Pastikan niat kita berbisnis adalah untuk kebaikan, misalnya; membantu orang tua, mensejahterakan keluarga, atau hasilnya untuk kepentingan sosial seperti penanggulangan bencana. Pasang niat yang kuat dan ingat-ingat niat kita, supaya kita tegar menghadapi segala rintangan dalam berbisnis.

Baca Juga: 5 Tantangan Mengembangkan Bisnis Keluarga Hingga ke Generasi Ketiga

3. Tegakkan kejujuran

Pixabay.com/rawpixel

Jaga kejujuran kita, karena saat ini amat sulit mencari yang namanya kejujuran. Kejujuran adalah hal yang sangat berharga. Dengannya, kita bisa mendapatkan kepercayaan dari orang lain, para pelanggan, dan rekan bisnis yang bekerja sama dengan kita.

Jangan sekali-sekali kita nodai kepercayaan orang lain kepada kita, karena jika muncul rasa kecewa, maka akan sulit mendapatkan kepercayaan itu kembali.

4. Giat promosi

Pixabay.com/LoboStudioHamburg

Di era modern kamu bisa gunakan media sosial sebagai lahan promosi, kamu bisa buat akun Instagram, Facebook atau Twitter khusus promosi. Pastikan promosi kamu efektif dengan bahasa yang santun dan tidak terlalu berlebihan.

5. Berinovasi

Pixabay.com/jarmoluk

Bergeraklah dinamis dalam berinovasi, jangan cepat puas dengan produk yang itu-itu saja. Maksudnya, kamu bisa pertahankan produk itu, tapi buatlah varian-varian lain dari produk itu yang menjadi nilai positif ciri khas bisnis kamu agar diingat dan dikenal luas.

6. Pengaturan waktu

Pixabay.com/Free-Photos

Di kehidupan ini, kita bukan hanya fokus untuk berbisnis. Utamakan juga kualitas ibadah dan pendidikan. Atur waktu sedemikian rupa agar seimbang antara kewajiban satu dengan lainnya. Supaya kita bisa meraih kesuksesan di berbagai bidang, maka kita tidak boleh menyepelekan kewajiban lain.

Waktu istirahat juga menjadi hal yang berpengaruh terhadap kesehatan kita, bayangkan jika kita sakit, maka kita tidak bisa menjalankan bisnis sepenuhnya.

Baca Juga: Apakah Kamu Si 'Otak Bisnis'? Kenalilah 5 Tanda Ini pada Dirimu

Verified Writer

Jihan Syehar

Cintai keahlianmu, alirkan kebaikan dari situ | IG: jihansyehar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya