TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Buku Kas: Pengertian dan Jenisnya

Apa itu buku kas?

(IDN Times/Arief Rahmat)

Buku kas merupakan sebuah catatan informasi mengenai arus masuk dan keluarnya kas perusahaan. Catatan yang dimuat dalam buku ini, berisi penerimaan dana ataupun pengalihan bentuk kredit dan tunai dengan rincian lengkap.

Pencatatan buku kas menggunakan standarisasi akuntansi ataupun perusahaan agar bisa memberikan informasi dengan jelas bagi pihak yang membutuhkan. Untuk lebih memahaminya, yuk simak ulasan berikut!

1. Pengertian buku kas

Buku kas masuk dalam kategori informasi yang sangat penting guna memantau perkembangan akan jalannya keuangan perusahaan. Setiap perusahaan harus mempunyai buku kas untuk mencatat setiap kegiatan yang hubungannya dengan keuangan.

Semua kondisi keuangan perusahaan bisa dengan mudah melihat buku kas. Sehingga buku kas ini mempunyai peran sangat penting sebagai dasar pengambilan keputusan yang ditentukan dari kondisinya keuangan perusahaan.

2. Jenis buku kas

Ilustrasi akuntansi (Pixabay.com/200degrees)

Buku kas yang digunakan untuk mencatat keseluruhan kegiatan pemasukan dan pengeluaran mempunyai jenisnya. Selain memang terdapat buku kas umum untuk masuk dan keluar, juga masih banyak jenis lainnya.

Jenis buku kas tersebut di antaranya buku pembantu bank, panjar dan buku kas pembantu pajak. Setiap jenis kas tersebut dapat membantu mengatur arus kas dari keuangan perusahaan dengan peranannya pada apa itu buku kas.

Baca Juga: Arus Kas: Pengertian, Jenis, dan Metodenya

3. Buku kas masuk

Pexels/Pixabay

Pencatatan buku kas masuk harus sesuai dengan aturan yang ada pada perusahaan. Karena mempunyai standar dalam melakukan penggolongan transaksi, memberi status dari uang masuk dan keluar serta mencantumkan keterangannya.

Buku kas masuk bisa menjadi sumber informasi yang valid atas pemasukan. Sehingga kondisi keuangan bisa menentukan pengambilan keputusan.

Baca Juga: Audit Kas: Pengertian dan Tujuannya

Demikianlah uraian apa itu buku kas untuk mencatat arus keuangan pada perusahaan. Penulisannya buku kas menggunakan standarisasi pokok untuk memudahkan pemahaman. Untuk kamu yang mau memulai usaha, selamat mencatat di buku kas ya!

Baca Juga: Catat, Ini Cara Menghitung Cash Flow Agar Arus Kas Lancar

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya