TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Go Ban: Pengertian dan Asal Mula Istilahnya

Penjelasan apa itu go ban

unplash.com/Mufid Majnun

Istilah go ban (goban) sebetulnya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Ibu Kota. Kata tersebut sering kamu jumpai saat pergi berbelanja ke pasar atau di tongkrongan. 

Namun bagi sebagian orang, istilah ini mungkin membuat bingung karena tidak paham dengan betul makna yang sebenarnya. Sama halnya dengan istilah lainnya seperti goceng, gopek, dan ceban, goban digunakan oleh para pedagang sebagai cara berhitung saat melakukan transaksi. 

Bagi kamu yang sedang atau ingin merantau ke kota besar seperti Jakarta, rasanya perlu mengetahui apa itu goban dan beberapa istilah lain yang terkait. Hal ini penting agar tidak mudah ditipu dan merasa bingung saat berbelanja ke pasar dan tempat transaksi lainnya.

Yuk disimak penjelasannya. 

Baca Juga: Naik Rp6 Ribu, Harga Emas Hari Ini Rp930 Ribu per Gram

1. Pengertian go ban

pexels.com/Laksono Aji

Goban berasal dari bahasa Mandarin yang artinya 50,000 (lima puluh ribu). Bahasa Mandarin yang digunakan merupakan dialek Hokkien yang biasa digunakan para pedagang asal Tiongkok dan juga digunakan oleh komunitas Tionghoa-Indonesia untuk menunjukkan suatu harga barang atau jumlah barang tertentu. 

Karena seringnya istilah ini digunakan, sehingga sebagian dari masyarakat Indonesia nya mampu menggunakannya dalam penyebutan sehari-hari.

Baca Juga: Harga Emas Hari Ini Turun Rp3 Ribu, Jadi Rp950 Ribu per Gram

2. Asal mula istilah goban

unsplash.com/bady abbas

Goban berasal dari pedagang Tionghoa yang menggunakan bahasa Mandari dialek Hokkien yang datang ke Indonesia dan berdagang di Tanah Air. Bahasa Mandarin ini merupakan Bahasa Banlamwe (Munnanhua) yang berasal dari provinsi Hokkien (Fujian).

Istilah goban dan istilah lain yang menggunakan dialek Hokkien, dibawa oleh pedagang yang berasal dari Tionghoa. Mayoritas orang Tiongkok yang datang ke Indonesia bertujuan untuk berdagang, istilah goban sudah menjadi bahasa gaul di Indonesia dan digunakan dalam kegiatan sehari-hari oleh masyarakat Indonesia sampai saat ini.

Baca Juga: Meroket! Harga Emas Naik Rp7 Ribu Jadi Rp953 Ribu per Gram

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa goban berasal dari dialek Hokkien yang memiliki arti 50,000 yang awalnya masuk ke Indonesia dengan dibawa oleh pedagang yang berasal dari Tionghoa. Goban merupakan istilah yang umum digunakan oleh masyarakat Indonesia saat ini.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya